4 Manfaat Konsumsi Tomat, Menyehatkan Kulit hingga Mencegah Kanker

Icon CameraKiki Oktaliani
Rabu 18 Januari 2023 18:55 WIB
4 Manfaat Konsumsi Tomat, Menyehatkan Kulit hingga Mencegah Kanker
Manfaat Konsumsi Tomat, Menyehatkan Kulit hingga Mencegah Kanker. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Tomat menjadi salah satu buah yang kerap diolah menjadi masakan. Tidak hanya enak, tomat juga kaya dengan zat yang disebut lycopene. Hal tersebut membuat buah dengan nama latin Solanum lycopersicum ini berwarna merah cerah.

Warna tersebut ternyata juga membantu melindungi buah tomat dari sinar ultraviolet. Dengan cara kerja yang hampir sama, zat lycopene dapat melindungi sel Anda dari kerusakan.

Tomat juga memiliki potasium, vitamin B dan E, serta nutrisi lainnya. Selain beragam manfaat yang diberikan, buah tomat sendiri mudah ditemukan, plus harganya yang sangat terjangkau.

Berikut empat manfaat buah tomat, yang dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (18/1/2023).

Manfaat Tomat

1. Menjaga Sistem kekebalan

Lycopene merupakan antioksidan, yang berfungsi melawan molekul yang disebut radikal bebas yang dapat merusak sel-sel, dan mempengaruhi sistem kekebalan tubuh Anda. Oleh karena itu, makanan tinggi lycopene seperti tomat, dapat mengurangi kemungkinan Anda terkena kanker paru-paru, perut, atau prostat.

Beberapa penelitian menunjukkan tomat mungkin membantu mencegah penyakit di pankreas, usus besar, tenggorokan, mulut, payudara, dan juga leher rahim.

2. Baik untuk jantung

Semakin banyak bukti dari uji klinis menunjukkan bahwa kandungan likopen pada tomat dapat membantu menurunkan kolesterol jahat. Tak hanya buah tomat, beberapa olahan produk tomat menunjukkan manfaat untuk melawan peradangan dan penanda stres oksidatif, yaitu keadaan dimana jumlah radikal bebas, yang melebihi kapasitas tubuh untuk menetralkannya.

Tomat juga menunjukkan efek perlindungan pada lapisan dalam pembuluh darah, serta dapat menurunkan risiko pembekuan darah.

3. Mencegah Kanker

Kanker adalah pertumbuhan sel abnormal yang tidak terkendali yang menyebar di luar batas normalnya, seringkali menyerang bagian tubuh yang lain. Sebuah penelitian pada beberapa orang wanita, menunjukkan bahwa karotenoid konsentrasi tinggi yang ditemukan dalam jumlah tinggi pada tomat dapat melindungi dari kanker payudara.

4. Menyehatkan Kulit

Tomat yang kaya akan likopen dan senyawa tanaman lainnya, secara tak langsung dapat melindungi kulit dari sengatan matahari. Studi menunjukkan bahwa tomat dan produk tomat dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan beberapa jenis kanker. Buah ini juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, karena dapat melindungi dari sengatan matahari.

Editor : Leonardus Selwyn Kangsaputra

Follow Berita Celebrities di Google News