4 Manfaat Teh Hijau untuk Jerawat, Bantu Kurangi Peradangan

Icon CameraHasyim Ashari
Senin 09 Januari 2023 11:34 WIB
4 Manfaat Teh Hijau untuk Jerawat, Bantu Kurangi Peradangan
Teh hijau bermanfaat untuk atasi masalah jerawat. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Teh hijau sangat baik untuk menjaga kesehatan Anda secara keseluruhan. Itu juga digunakan dalam produk perawatan kulit untuk manfaat menenangkan kulit. 

Ada pula yang klaim bahwa menggunakan teh hijau untuk jerawat dapat membantu meringankan gejalanya. 

Teh hijau kaya akan polifenol, sejenis antioksidan kuat. Menurut sebuah penelitian, polifenol teh topikal dapat menenangkan dan menyembuhkan jerawat ringan hingga sedang. Selain itu, ada senyawa bermanfaat lainnya dalam teh hijau yang dapat membantu mengurangi peradangan dan jerawat. 

Melansir stylecraze, Senin (9/1/2023), berikut manfaat teh hijau untuk jerawat.

1. Membantu Mengurangi Peradangan 

Teh hijau kaya akan katekin. Dari empat katekin utama yang diidentifikasi dalam teh hijau, epigallocatechin-3-gallate (EGCG) terbukti bermanfaat dalam mengobati jerawat dan rosacea. Ini bekerja dengan mengurangi peradangan . Dalam sebuah penelitian, penerapan losion teh hijau 2 persen ditemukan dapat mengurangi peradangan jerawat. 

EGCG adalah antioksidan kuat dan memiliki sifat imunomodulator dan fotoprotektif. Ini juga memiliki efek antiangiogenik (artinya, mengurangi pertumbuhan pembuluh darah baru yang dibutuhkan oleh tumor untuk pertumbuhan) dan efek anti-inflamasi. 

2. Membantu Mengurangi Produksi Sebum 

Kelebihan produksi sebum i  merupakan salah satu penyebab utama jerawat. Aplikasi topikal teh hijau dapat membantu mengurangi sekresi sebum dan mengobati jerawat. 

Sebuah studi yang melibatkan 22 pria sehat yang tidak merokok meneliti efek dari ekstrak teh hijau topikal 5 persen selama 60 hari. Para peneliti menemukan penurunan yang signifikan dalam sekresi sebum. 

Minum teh hijau juga dapat membantu mengurangi produksi sebum dan mengendalikan jerawat. 

 

Follow Berita Celebrities di Google News

1
/
2