4 Obat Alami Turunkan Kolesterol, dari Kunyit hingga Wortel

Kevi Laras
Kamis 15 September 2022 18:40 WIB
4 Obat Alami Turunkan Kolesterol, dari Kunyit hingga Wortel
Wortel dan kunyit adalah obat alami turunkan kolesterol. (Foto: Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Obat alami alias herbal terbukti bisa menjadi pilihan bagi mereka penderita kolesterol. 

Secara umum, kolesterol terjadi akibat pola hidup yang tidak sehat. Misalnya, jarang mengonsumsi sayur dan buah. 

Keduanya memiliki peran penting dalam menurunkan kolesterol. Tingginya kadar kolesterol dalam darah bisa memicu penyakit jantung.

Lantas, obat alami apa saja yang bisa menurunkan kolesterol? Berikut ulasannya dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (15/9/2022).

Obat Alami Turunkan Kolesterol

1. Kunyit

Kunyit dikenal sebagai ramuan herbal khas Indonesia ternyata bisa menurunkan kolesterol. Konsumsi kunyit putih dapat menurunkan, kadar kolesterol jahat dan trigliserida dalam tubuh. 

Oleh karena itu, tanaman ini bisa menjadi alternatif obat alami bagi penderita kolesterol dan trigliserida tinggi. Dengan begitu, risiko penyakit jantung dan stroke pun dapat berkurang.

2. Daun Sirih

Daun yang dikenal bisa dikonsumsi sebagai jamu atau ramuan herbal, bisa mengobati kolesterol secara alami. Jadi bisa menggunakan daun sirih, dengan merebusnya dalam air sampai mendidih, dengan jumlah daun sirih yang direbus minimal 3-4 lembar. 

"Efek penurun lipid dari daun sirih ada eugenol, antioksidan alami yang menetralkan radikal bebas. Eugenol selanjutnya menghambat biosintesis kolesterol di hati dan mengurangi penyerapan lipid di usus," tulis keterangan dalam website Medindia, Kamis (15/9/2022)

3. Jahe

Jahe dipercaya sebagai ramuan herbal untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Dalam sebuah penelitian 2018, terhadap 60 orang dengan hiperlipidemia, 30 orang yang menerima atau meminum 5 gram jahe setiap hari. 

Bisa menurunkan kadar kolesterol LDL (jahat) sebesar 17,4% selama periode 3 bulan. Jahe juga efektif melawan virus pernapasan syncytial (RSV), penyebab umum infeksi pernapasan.

4. Wortel

Mengonsumsi wortel ternyata mampu menurunkan kolesterol dalam tubuh. Menurut para peneliti di Wolfson Gastrointestinal Laboratory di Edinburgh, Skotlandia menemukan bahwa kadar kolesterol seseorang turun rata-rata 11 persen. 

Hal itu jika mengonsumsi tujuh ons wortel mentah setiap hari selama tiga minggu. Sementara melansir Hindustan Times, wortel yang mengandung serat laut dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh.

Editor : Andre Purwanto