4 Penyebab Rambut Rontok, Waspada dalam Mengonsumsi Obat

Kevi Laras
Kamis 22 September 2022 19:19 WIB
4 Penyebab Rambut Rontok, Waspada dalam Mengonsumsi Obat
4 Penyebab Rambut Rontok, Waspada dalam Mengonsumsi Obat. (Foto:celebrities.id/ Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Memiliki rambut indah dan sehat menjadi idaman semua kaum perempuan. Tak heran jika banyak masyarakat yang melakukan berbagai perawatan untuk mendapatkan rambut yang diinginkan. Meski demikian, perawatan rambut harus dilakukan dengan hati-hati supaya tidak menyebabkan kerontokan rambut.

Rambut rontok (alopecia) merupakan kerontokan cukup umum dialami masyarakat. Meskipun lebih sering terjadi pada orang dewasa lebih tua, anak muda pun bisa mengalaminya. Lantas apa saja penyebab dari rambut rontok? Berikut ulasannya sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (22/9/2022).

1. Hormonal dan kondisi medis

Berbagai kondisi bisa menyebabkan kerontokan rambut permanen atau sementara, termasuk perubahan hormonal akibat kehamilan, persalinan, menopause, dan masalah tiroid. Selain itu kondisi medis termasuk alopecia areata berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh dan menyebabkan kerontokan rambut tidak merata. Terjadi akibat infeksi kulit kepala seperti kurap, dan gangguan mencabut rambut yang disebut trikotilomania.

2. Efek obat atau suplemen

Bagi anda yang sedang mengonsumsi obat-obatan atau suplemen, perlu diperhatikan. Penyebab lain dari rambut rontok bisa karena efek samping dari obat-obatan tertentu, seperti obat untuk kanker, arthritis, depresi, masalah jantung, asam urat dan tekanan darah tinggi.

"termasuk kemoterapi, terapi radiasi, dan beberapa obat menyebabkan kerontokan rambut dapat terjadi di mana saja di tubuh Anda. Itu terjadi pada rambut dalam tahap pertumbuhan. Terkadang, jenis kerontokan rambut ini bisa permanen jika folikel rambut rusak," tulis keterangan dalam Cleveland Clinic, Kamis (22/9/2022)

3. Keturunan

Secara umum penyebab dari kerontokan rambut adalah kondisi keturunan yang terjadi seiring bertambahnya usia. Kondisi ini disebut alopecia androgenik. Biasanya terjadi secara bertahap dan dalam pola dapat diprediksi. Dengan kondisi garis rambut surut dan bintik-bintik botak pada pria dan penipisan rambut di sepanjang ubun-ubun kulit kepala pada wanita.

4. Perawatan rambut

Wanita tentu ingin memiliki rambut yang sehat dan kuat. Ternyata saat melakukan perawatan rambut yang berlebihan atau gaya rambut, bisa membuat rambut rontok sementara hingga permanen. Kerontokan juga terjadi apabila sering menguncir rambut kencang, seperti cornrows, dapat menyebabkan jenis kerontokan rambut disebut traction alopecia.

Editor : Leonardus Selwyn Kangsaputra