4 Peristiwa di 9 Januari, Jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air hingga Penyanyi Gombloh Meninggal

Putranegara Batubara
Minggu 09 Januari 2022 10:14 WIB
4 Peristiwa di 9 Januari, Jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air hingga Penyanyi Gombloh Meninggal
Peristiwa penting terjadi di tanggal 9 Januari, salah satunya jatuhnya pesawat Sriwijaya SJ 182. (Foto: Shutterstock)

JAKARTA, celebrities.id - Beberapa peristiwa dan catatan sejarah penting terjadi baik dalam maupun luar negeri yang terjadi pada 9 Januari tiap tahunnya. Beberapa di antaranya adalah Pesawat Sriwijaya Air SJ 182 jatuh hingga meninggalnya penyanyi Gombloh.

Untuk mengingat ataupun menambah wawasan sejarah, berikut rangkuman sejumlah peristiwa dan kejadian penting di 9 Januari seperti dilansir dari beragam sumber, Minggu (9/1/2022). 

1. Terpilihnya Mahmoud Abbas sebagai Presiden Palestina 

9 Januari 2005, Mahmoud Abbas terpilih sebagai Presiden Palestina. Ia kemudian menandatangani kesepakatan damai dengan Perdana Menteri Israel Ariel Sharon.

Mahmoud Abba adalah presiden Negara Palestina dan Otoritas Nasional Palestina. Dia telah menjadi ketua Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) sejak 11 November 2004, Presiden sejak 15 Januari 2005, dan presiden Negara Palestina sejak 8 Mei 2005. Abbas juga anggota partai Fatah dan terpilih sebagai ketua pada 2009.

2. Markas PPB resmi dibuka di New York

9 Januari 1951, Markas PBB dibuka secara resmi di New York City. Disana adalah lokasi terpenting dan tempat utama Perserikatan Bangsa-Bangsa bersidang. Di sinilah Sidang Umum PBB, Dewan Keamanan PBB dan Dewan Ekonomi dan Sosial PBB bersidang.

Sidang Dewan Ekonomi dan Sosial bergantian secara tahun dengan lokasi di Jenewa. Selain itu di sini terdapat gedung Sekretariat PBB.

 

1
/
2