4 Produk Kecantikan yang Punya Program Mengurangi Sampah Plastik, Dikelola dengan Daur Ulang

Wiwie Heriyani
Sabtu 30 Juli 2022 07:34 WIB
4 Produk Kecantikan yang Punya Program Mengurangi Sampah Plastik, Dikelola dengan Daur Ulang
Produk kecantikan yang punya progran mengurangi sampah plastik. (Foto: celebrities.id/cityweekendi)

JAKARTA, celebrities.id - Gerakan mengurangi sampah plastik kini mulai marak digalakkan. Kesadaran masyarakat untuk mengurangi sampah plastik perlahan mulai tumbuh. 

Tidak hanya di kalangan masyarakat, berbagai bentuk gerakan atau kegiatan untuk mengurangi sampah plastik juga dilakukan oleh beberapa produk kecantikan ternama, dari produk makeup, skincare hingga produk perawatan dari ujung kepala sampai kaki. 

Berbagai gerakan yang dilakukan pun beragam. Salah satunya melalui pengurangan kemasan dari plastik hingga menggunakan kemasan recycle untuk mengurangi sampah plastik.

Berikut beberapa produk kecantikan yang melakukan gerakan pengurangan sampah plastik, diolah dari berbagai sumber, Sabtu (30/7/2022).

1. Body Shop 

Body Shop merupakan salah satu produk kosmetik yang sudah memulai gerakan peduli lingkungan melalui program unggulannya yakni Bring Back Our Bottle (BBOB). 

Melalui program tersebut, Body Shop memastikan kemasan bekas pakai produk mereka dikelola dan didaur ulang dengan optimal dan bertanggung jawab.

Nantinya, botol-botol bekas yang diberikan oleh para konsumen akan dikumpulkan dan diproses lebih lanjut untuk didaur ulang. 

2.Garnier 

Garnier mentransformasi bisnisnya untuk mengurangi dampak lingkungan dan turut menciptakan planet yang lebih hijau melalui program Green Beauty. 

Salah satu komitmen Garnier Green Beauty yakni mengambil lebih banyak aksi mengurangi polusi plastik di Indonesia. 

Garnier Indonesia bekerja sama dengan eRecycle untuk mengedukasi masyarakat akan pentingnya program daur ulang. 

Bahkan Garnier menyediakan aplikasi penjemputan sampah ke rumah konsumen di Jakarta, Depok, dan akan segera hadir di kota lainnya.

Garnier juga bekerja sama dengan Hero Group untuk menyediakan Green Beauty Box, titik pengumpulan sampah yang tersebar di Jabodetabek. 

Program ini dilakukan dalam skala besar dan bertahap dan secara resmi didukung oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.

Tidak hanya itu, Garnier Indonesia juga menunjukkan komitmennya melalui produk Tissue Mask yang bersifat biodegradable melalui metode kompos di tahun 2021. 

“Sejak 2019, Garnier Indonesia telah menghilangkan cellophane (lembaran plastik) pada kemasan produk kami dan menghilangkan lembaran plastik (blue liner) pada produk Sheet Mask. Jadi, sejauh ini Garnier Indonesia telah berhasil menghemat 32 ton plastik baru,” ujar Chief Coorporate Affair Engangement & Sustainbility Loreal Indonesia, saat menghadiri acara Jakarta X Beauty, di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (29/7/2022).¬†

Rencananya, di 2025 seluruh bahan baru terbarukan Garnier Indonesia akan bersumber dari sumber yang keberlanjutan.

 

1
/
2