4 Properti Tari Piring yang Wajib Digunakan dalam Pentas Seni, Apa Saja?

Syafiq Mukhlias Sembada
Kamis 05 Mei 2022 15:00 WIB
4 Properti Tari Piring yang Wajib Digunakan dalam Pentas Seni, Apa Saja?
Properti tari piring. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id – Properti tari piring kerap menjadi perhatian. Pasalnya, seni tari tradisional ini menggunakan properti piring sesuai dengan namanya. 

Penari piring meletakkan piring di kedua telapak tangannya lalu mengayunkan dengan cepat sesuai dengan pola tari yang sudah ada saat berlatih. Selama menari piring tidak boleh jatuh dari kedua telapak tangan.

Selain butuh properti berupa piring, berikut properti tari piring yang wajib dipakai dalam penampilan pentas seni yang telah dirangkum pada Kamis (5/5/2022).

Properti Tari Piring

1. Piring

Sesuai dengan nama tariannya, piring menjadi objek utama dalam tarian ini. Selama melakukan tarian, piring yang digunakan tidak boleh terjatuh. Tarian ini memaknai agar kita selalu berhati-hati dalam melangkah dan bersikap dalam kehidupan.

Tapi diakhir tarian piring dilemparkan dan dipecahkan ke lantai lalu para penari akan menari diatas pecahan piring tersebut.

2. Alat Musik 

Sama halnya dengan tarian lainnya, tari piring perlu pengiring musik seperti talempong, gong kecil, tambuah, dan kerincing. Dengan gerakan dan iringan musik, tari piring menggambarkan pola hidup masyarakat yang dilakukan setiap harinya,

3. Busana 

Biasanya penari menggunakan busana yang berbahan satin dan beludru dengan hiasan bunga yang mengkilap di bagian luar. 

Selain itu juga, dilengkapi dengan kain yang menyerupai sarung dengan motif berwarna keemasan dan selendang yang dipakai di bahu hingga ke pinggang.

4. Aksesoris

Selain busana, penari juga menggunakan aksesoris seperti kalung gadang, tengkuluk tandung, sisamping, deta, subang, kalung rumbai, dan cincin.

Ada juga selendang yang menjadi perlengkapan wajib tari piring. Selendang digunakan melingkar dari bagian atas hingga ke bawah. Selain selendang, ada juga ikat pinggang yang dipakai untuk mengencangkan pakaian bawah.

Editor : Tia Ayunita