4 Royal Wedding Kerajaan Inggris Paling Banyak Menarik Atensi Dunia, Nomor 2 Paling Dikenang 

Icon CameraLitbang MPI
Selasa 13 September 2022 14:42 WIB
4 Royal Wedding Kerajaan Inggris Paling Banyak Menarik Atensi Dunia, Nomor 2 Paling Dikenang 
Pangeran Charles dan Putri Diana Royal wedding yang paling berkesan. (Foto: Readers Digest)

LONDON, celebrities.id - Keluarga Kerajaan Inggris memang tak pernah lepas dari sorotan. Berbagai peristiwa besar, seperti pernikahan anggota keluarga kerajaan, sukses menarik perhatian masyarakat Inggris dan dunia. 

Berikut ini empat royal wedding Kerajaan Inggris yang paling banyak menarik atensi masyarakat dilansir dari beragam sumber, Selasa (13/9/2022): 

1. Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip

Ratu Elizabeth II, kala masih menyandang gelar Putri Elizabeth, resmi dipersunting Pangeran Philip pada 20 November 1947. Pernikahan akbar itu dilakukan di Westminster Abbey, Inggris. Elizabeth merupakan anggota Kerajaan ke-10 yang menikah di Gereja Kerajaan Westminster Abbey. 

Melansir laman Tatler, ada sebanyak 2 ribu undangan yang menyaksikan langsung pernikahan Elizabeth dan Philip. Angka tersebut cukup fantastis pada masa itu. Belum lagi ratusan ribu orang lainnya yang memadati jalan-jalan di sekitar tempat pernikahan.

Dari tamu undangan yang menyaksikan langsung di dalam gereja, ada Raja Irak, Raja dan Ratu Belanda, serta keluarga Kerajaan Luxemburg. Selain itu, acara pernikahan Elizabeth juga disiarkan melalui radio dan didengar oleh jutaan pendengar di seluruh dunia. Di acara bahagianya ini, Elizabeth memilih cincin pernikahan yang terbuat dari emas asal Welsh. 

Emas tersebut diambil dari tambang Clogau St David dan merupakan benda yang sangat spesial. Disebutkan bahwa Philip memberikan pesan tersembunyi kepada istrinya dalam cincin itu. Tidak satu pun orang yang mengetahui pesan yang diukir di cincin itu, kecuali si pengukir, Philip, dan Elizabeth.

2. Pangeran Charles dan Putri Diana

Selanjutnya, ada pernikahan Raja Charles III dan Diana Spencer. Charles yang kala itu masih berstatus sebagai pangeran menikahi Putri Diana pada 29 Juli 1981. 

Pernikahan ini merupakan pernikahan anggota keluarga kerajaan terbesar karena disaksikan oleh lebih 750 juta orang di seluruh dunia melalui layar kaca. Sementara itu, tamu undangan yang hadir tercatat melebihi 3 ribu orang. Tidak hanya itu, pernikahan ini juga menelan biaya fantastis, yakni sekitar 48 juta dolar Amerika atau setara dengan 156 juta dolar Amerika di masa ini.

Diana menjadi warga Inggris biasa yang menikahi pewaris takhta Kerajaan Inggris usai 300 tahun lamanya. Sebelum menikah, keduanya resmi bertunangan pada 24 Februari 1981. Kepada media, Charles mengaku kagum dengan kepribadian Diana yang sederhana. Dia juga merasa terkejut, sebab Diana menerimanya tanpa ragu. 

Sebab, kala itu Diana masih berusia 20 tahun. Dari pernikahannya ini, Charles dan Diana dianugerahi 2 putra, yakni pewaris takhta kerajaan Pangeran William dan Pangeran Harry. Sayangnya, pasangan ini harus bercerai di tahun 1996 karena isu perselingkuhan Charles. Diana tewas dalam kecelakaan dahsyat di Paris, setahun setelahnya. Jasadnya dimakamkan di Althorp, Inggris.

 

1
/
2