4 Tanda Aki Sudah Penuh saat Diisi, Salah Satunya Alarm Charger Berbunyi

Intan Rakhmayanti Dewi
Rabu 05 Januari 2022 20:06 WIB
4 Tanda Aki Sudah Penuh saat Diisi, Salah Satunya Alarm Charger Berbunyi
Alat charger modern sudah tersedia fitur dimana charger akan berhenti dengan sendirinya jika aki sudah penuh. (Foto: Freepik.com)

JAKARTA, celebrities.id - Aki pada mobil secara umum menjadi tempat untuk menyimpan energi. Saat mesin mobil mati, aki yang akan berperan sebagai penyedia energi listrik utama.

Energi listrik yang tersimpan ini juga akan sangat berguna untuk proses starter mobil. Jika daya yang disimpan tidak ada, tentu mobil tidak akan bisa dihidupkan. Ketika mobil menyala maka dinamo ampere-lah yang akan menggantikan tugas dari aki. Komponen ini juga akan menghasilkan energi listrik yang disimpan ke dalam aki.

Dalam beberapa kasus, ada beberapa hal yang menyebabkan energi yang tersimpan tidak maksimal. Sehingga, proses pengisian tambahan akan diperlukan.

Tanda yang paling umum adalah adanya lampu peringatan pada dasboard yang menyala. Bisa juga ketika lampu redup, jendela sulit diturunkan, dan berbagai komponen kelistrikan lainnya yang tidak berfungsi secara sempurna.

Nah, jika sudah mengisi daya dari aki, kita harus tahu apakah sudah penuh atau belum. Ada beberapa tanda yang bisa digunakan untuk mengetahui informasi ini. 

 

1
/
2