4 Tips Merawat Kampas Kopling Motor Supaya Awet, Salah Satunya Rutin Mengganti Oli

Icon CameraMuhamad Fadli Ramadan
Jumat 18 November 2022 17:24 WIB
4 Tips Merawat Kampas Kopling Motor Supaya Awet, Salah Satunya Rutin Mengganti Oli
4 tips merawat kampas kopling motor supaya awet. (Foto: celebrities.id/ Dok Sindonews)

JAKARTA, celebrities.id - Kampas kopling adalah salah satu komponen yang sangat penting pada motor. Pasalnya, komponen ini berfungsi untuk menggerakkan mesin. Jika bermasalah, maka akan mengganggu fungsi yang lainnya.

Seperti diketahui, kampas kopling sepeda motor berfungsi untuk menjadi penghubung putaran mesin ke gigi transmisi. Terkadang, perpindahan gigi atau pergerakan mesin tidak mulus yang menjadi tanda kampas kopling habis.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kampas kopling habis, yang paling umum adalah karena sepeda motor digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Tapi, ada juga kasus di mana kampas kopling habis karena berkendara dengan ugal-ugalan.

Untuk itu, pengendara sepeda motor perlu memperhatikan perawatan kampas kopling seperti yang dipaparkan oleh Yamaha PT. Thamrin Brothers agar komponen tersebut lebih awet.

1. Gaya berkendara

Pada saat stop and go sebisa mungkin pengendara menjaga putaran mesin atau RPM tidak boleh terlalu tinggi. Itu akan mengakibatkan gesekan pada kampas kopling semakin besar yang dapat mengikis permukaannya sehingga lebih cepat habis.

 

1
/
2