4 Tips Merawat Kulit Selama Musim Hujan, Rajin Cuci Muka dan Pakai Tabir Surya

Abdul Razak
Selasa 07 Desember 2021 13:27 WIB
4 Tips Merawat Kulit Selama Musim Hujan, Rajin Cuci Muka dan Pakai Tabir Surya
Tips Merawat Kulit Selatma Musim Hujan. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Perawatan kulit merupakan suatu hal yang harus dilakukan agar kulit tetap sehat, termasuk ketika musim hujan. Kendati hujan menghindari panas yang ekstrem, hujan juga mengundang kelembaban yang dapat menimbulkan berbagai jenis masalah kulit seperti infeksi, alergi, dan jamur.ย 

Selain itu, kadar air yang tinggi di lingkungan membuat kulit rentan terhadap jerawat, ruam dan kondisi kulit lainnya.ย 

Lalu, bagaimana cara merawat kulit saat musim hujan? Dirangkum Healthshot, Selasa (7/12/2021), berikut ulasannya.

1. Tetap memakai tabir surya

Tabir surya atau sunscreen merupakan hal yang wajib dipakai, karena tabir surya berfungsi sebagai persai dari sinar UV yang berbahaya untuk kulit. Bahkan saat di luar mendung, sinar matahari dapat merusak kesehatan kulit. Gunakan tabir surya tahan air berbasis gel untuk melindungi kulit.ย 

2. Cuci muka setiap hari

Musim hujan menyebabkan penumpukan debu, kotoran, dan minyak yang berlebihan. Oleh karena itu, membersihkan wajah sangatlah penting. Jika memungkinkan, cuci muka tiga kali sehari. Ini juga akan membantu menghindari infeksi jamur, sehingga memerangi kulit berminyak dan pori-pori terbuka.

3. Eksfoliasi

Musim hujan dapat mengubah kulit menjadi tempat berkembang biaknya sejumlah besar kuman dan bakteri yang dapat menyebabkan jerawat dan masalah kulit yang serius. Untuk mencegah masalah ini, eksfoliasi kulit dengan scrub lembut untuk menyingkirkan sel-sel kulit mati untuk membuka pori-pori yang tersumbat.

4. Lembabkan kulit

Saat musim hujan tiba, tingkat kelembapan meningkat dan sebagian merasa tidak perlu memakai pelembab lagi. Tetapi nyatanya kulit sangat membutuhkan lotion, karena iklim ini bisa mengeringkan kulit dan membuatnya terlihat kusam. Selain itu, pelembap yang cukup akan membantu menghilangkan kerutan.

Editor : Endang Oktaviyanti