4 Wisata Eksotis di Sulawesi Selatan, Salah Satunya Ada Negeri di Atas Awan

Novie Fauziah
Sabtu 08 Januari 2022 12:05 WIB
 4 Wisata Eksotis di Sulawesi Selatan, Salah Satunya Ada Negeri di Atas Awan
Tongkonan Lempe, salah satu destinasi wisata di Makassar. (Foto: Instagram @abun_pasanggang)

JAKARTA, celebrities.id - Sulawesi Selatan memiliki daya tarik luar biasa dari sisi budaya dan keindahan alamnya. Selain itu ada beberapa destinasi wisata yang belum banyak diketahui orang banyak, padahal sangat menarik dan indah.

Misalnya Najwa Shihab, saat pulang kampung ke Sulawesi Selatan dia mengunjungi beberapa destinasi wisata yang belum banyak diketahui orang. Selain punya pemandangan indah, sejumlah tempat ini juga masih terjaga keasriannya.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut empat di antaranya dilansir dari berbagai sumber, Sabtu (8/1/2022):

1. Malino Highlands

Malino Highlands merupakan destinasi wisata yang menyajikan pemandangan memesona dilihat dari ketinggian. Suasananya begitu tenang, apalagi udaranya yang masih sangat sejuk cocok untuk yang ingin mencari nuansa ketenangan.

Di atas ketinggian 1.500 kilometer, dapat melihat hamparan perkebunan teh, perbukitan, pegunungan, hutan pinus, taman bunga semua paket lengkap dapat dinikmati di tempat ini.

Malino Highlands di Makassar. (Foto: Instagram @noorf.ahmad)
Malino Highlands di Makassar. (Foto: Instagram @noorf.ahmad)

Lokasi Malino Highlands berada di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Supaya lebih asyik menikmati pemandangan, bisa sambil minum secangkir teh atau kopi teh di salah satu kafe yang terletak di tempat ini.

2. Rammang-rammang

Tempat selanjutnya adalah Rammang-rammang yang berlokasi di Desa Salenrang, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Ini merupakan kawasan bentang alam berupa gugusan pegunungan karst dan dikelilingi kelestarian alam yang dijaga warga dan pemerintah setempat.

Pada 2007, kawasan karst Rammang-Rammang dirintis dan dijadikan salah satu objek wisata yang saat ini menjadi bagian destinasi andalan di Kabupaten Maros. Destinasi wisata satu ini telah meningkatkan perekonomian masyarakat setempat dan menambah Pendapatan Asli Daerah.

Rammang-Rammang di Makassar. (Foto: Instagram @kikyharly)
Rammang-Rammang di Makassar. (Foto: Instagram @kikyharly)

Luasnya sekitar 43.700 hektare dan memiliki 280 gua. sebanyak 16 gua di antaranya menjadi situs prasejarah.

Bisa menjelajahi Rammang-rammang dengan menelusuri sungai menggunakan perahu kayu. Suasananya hening, udaranya sejuk akan mendapatkan pengalaman baru yang luar biasa.

 

1
/
2