5 Agensi Terbesar di Korea Selatan, Berperan Penting Kenalkan Budaya Kpop ke Seluruh Dunia

Abdul Razak
Rabu 13 Oktober 2021 17:17 WIB
5 Agensi Terbesar di Korea Selatan, Berperan Penting Kenalkan Budaya Kpop ke Seluruh Dunia
BTS bernaung di bawah agensi terbesar di Korea Selatan, HYBE Entertainment. (Foto: celebrities/Instagram)

SEOUL, celebrities.id - Agensi terbesar di Korea Selatan masih dipegang HYBE Entertainment. Agensi tersebut melahirkan idol Kpop BTS yang saat jadi boy band paling berpengaruh di dunia.

Selain itu, peran agensi di industri Kpop juga dirancang dengan baik, dari hulu hingga hilir. Oleh sebab itu, jangan heran jika saat ini budaya Kpop menjamur ke seluruh dunia.

Pihak agensi mencari bibit bertalenta dari berbagai negara, seperti masa training, debut, hingga sukses menjadi idol.

Selain itu, agensi juga selalu sedia melindungi artinya dari segala bentuk kontroversi. Lantas, apa saja agensi terbesar di Korea Selatan yang sukses dengan berbagai prestasi idolnya?

Dilansir dari Soulspace, Rabu (13/10/2021), berikut ini lima agensi terbesar di Korea Selatan.

1. HYBE Entertainment

HYBE Entertainment jadi agensi terbesar di Korea Selatan saat ini. (Foto: Instagram)
HYBE Entertainment jadi agensi terbesar di Korea Selatan saat ini. (Foto: Instagram)

HYBE yang dulunya dikenal dengan Big Hit Entertainment masuk menjadi list pertama di agensi terbesar di Korea Selatan. Bagaimana tidak, agensi ini mulai dikenal karena setelah boy band naungannya BTS berhasil melejit dengan single serta lagunya yang mendunia.

Agensi ini mulai didirakn pada 2005 lalu oleh Bang Si Hyuk dan mulai mendebutkan berbagai bintang, salah satunya BTS. Baru menyusul boy band lainnya, seperti Seventeen, Nu'est, Gfriend, dan TXT.

2. JYP Entertainment

JYP Entertainment masuk deretan agensi terbesar di Korea Selatan. (Foto: Instagram)
JYP Entertainment masuk deretan agensi terbesar di Korea Selatan. (Foto: Instagram)

JYP pertama kali dibangun oleh JY Park pada 1997, perusahaan ini pun mulai dikenal dengan idolnya yang sukses baik di industri Korea Selatan atau internasional, seperti Wonder Girls, Rain, dan Miss A. JYP Entertaiment juga baru mendebutkan girl band terbarunya bernama ITZY.

Selain itu, JYP Entertaiment juga namanya semakin melambung usai mendebutkan girl band fenomenal saat ini, yakni TWICE. Berbagai penggemarnya berasal dari banyak negara, namun paling banyak berada di Korea Selatan dan Jepang. Maka tak heran, agensi ini dinobatkan sebagai agensi nomor dua terbesar di Korea Selatan.

3. YG Entertainment

Lisa BLACKPINK bernaung di bawah bendera agensi terbesar di Korea Selatan, YG Entertainment. (Foto: Instagram)
Lisa BLACKPINK bernaung di bawah bendera agensi terbesar di Korea Selatan, YG Entertainment. (Foto: Instagram)

Siapa yang tidak mengenal YG Entertainment? Selain terkenal dengan banyak kontroversinya, nyatanya YG Entertaiment masuk sebagai salah satu agensi terbesar di Korea Selatan. Hal ini berkat girl group mereka yang sukses di kancah internasional, yakni Blackpink.

Agensi ini juga banyak melahirkan idol-idol dunia, seperti BIGBANG, iKON, 2NE1, dan masih banyak lagi. Selain idol, YG Entertaiment juga menjadi agensi untuk para aktor dan aktris Korea Selatan, salah satunya Jang Ki Yong.

4. SM Entertainment

NCT 127 bersinar di bawah salah satu agensi terbesar di Korea Selatan,
NCT 127 bersinar di bawah salah satu agensi terbesar di Korea Selatan, SM Entertainment. (Foto: Instagram)

SM Entertainment kini sudah jatuh dan tidak menjadi tiga besar agensi terbesar Korea Selatan lagi. Akan tetapi, tetap menjadi industri KPop paling utama di Korea, karena telah melahirkan girl band dan boy band legendaris, berkat SM Entertaiment juga KPop mulai dikenal luas publik dunia.

Adapun girl band dan boy band tersebut, Girls Generation, Super Junior, TVQX, SHINee, EXO, dan masih banyak lagi. Bahkan, belum lama ini SM Entertaiment juga menembus pasar Amerika Serikat dengan membentuk SuperM yang merupakan gabungan dari boy band di SM Entertaiment. Bahkan pada 2020 lalu, SM Entertaiment resmi mendebutkan girl band baru bernama aespa.

5. Stone Music Entertainment

Stone Music Entertainment masuk agensi terbesar di Korea Selatan. (Foto: Instagram)
Stone Music Entertainment masuk agensi terbesar di Korea Selatan. (Foto: Instagram)

Agensi terbesar di Korea Selatan selanjutnya adalah Stone Music Entertainment, perusahaan swasta di bawah CJ ENM. Ini adalah salah satu perusahaan penerbit terbesar di Korea Selatan. Bahkan, mereka bukan saja sebagai label, tetapi juga agensi bakat dan perusahaan dari produksi musik. Adapun idol yang berhasil didebutkannya, seperti IZONE, Fromies9, CLC, TO1 dan masih banyak lagi.

Editor : Dhita Seftiawan