5 Alasan Orang Melakukan Ghosting, Menghindari Toxic Relationship?

Intan Afika Nuur Aziizah
Rabu 08 September 2021 19:41 WIB
5 Alasan Orang Melakukan Ghosting, Menghindari Toxic Relationship?
Korban ghosting cenderung mengalami trauma. (Foto: celebrities.id/Ilustrasi)

JAKARTA, celebrities.id - Ghosting adalah peristiwa ketika ada seseorang yang memutuskan komunikasi secara tiba-tiba tanpa memberikan penjelasan. Kondisi ini bisa terjadi dalam hubungan percintaan maupun pertemanan dan sering kali menyebabkan rasa kehilangan pada orang yang ditinggalkan.

Kejadian ini dapat menimbulkan trauma bagi orang yang mengalaminya. Sebagian orang bisa saja acuh saat menjadi korban ghosting. Namun, ada juga yang merasa sangat terkhianati dan berdampak pada kondisi psikologisnya karena terus berpikir dan mempertanyakan alasan mengapa ditinggalkan.

Melansir dari sebuah video pada Rabu (8/9/2021), Dokter Gea menjelaskan terdapat beberapa alasan yang membuat seseorang melakukan ghosting.

1. Merasa takut

Sebagian besar pelaku ghosting memiliki ketakutan terhadap hubungan yang dijalaninya, baik takut dikecewakan atau takut merasakan sakit bila nanti hubungannya harus berakhir. Oleh karena itu, mereka memutuskan untuk melakukan ghosting agar terbebas dari rasa takut tersebut.

2. Menghindari konflik

Perbedaan pendapat dalam sebuah hubungan merupakan hal yang biasa jika terjadi konflik. Apalagi bila hubungan tersebut sudah sangat dekat secara emosional. Tidak semua orang siap menghadapi konflik dalam hubungan, dan hal ini menjadi alasan seseorang untuk melakukan ghosting.

 

1
/
2