5 Buah yang Aman untuk Penderita Asam Lambung, Pastikan Jangan Salah Pilih!

Icon CameraKevi Laras
Sabtu 19 November 2022 18:06 WIB
5 Buah yang Aman untuk Penderita Asam Lambung, Pastikan Jangan Salah Pilih!
Buah yang Aman untuk Penderita Asam Lambung, Pastikan Jangan Salah Pilih! (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Asam lambung menjadi salah satu penyakit yang kerap diderita masyarakat. Asam lambung umumnya meningkat dikala seseorang mengalami stres atau sedang dalam tekanan.

Selain itu, asam lambung bisa dipicu dari konsumsi buah yang salah. Lantas, buah apa saja yang aman buat asam lambung?

Merangkum dari berbagai sumber, Sabtu (19/11/2022), berikut ulasannya sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber.

Buah yang Aman untuk Penderita Asam Lambung

1. Pisang

Salah satu buah ternyata aman dikonsumsi bagi penderita asam lambung. Sebab dalam buah pisang memiliki sifat alkalin (basa). Selain itu, buah ini juga dinilai membantu menyeimbangkan asam di lambung sehingga gejala asam lambung naik atau GERD dapat dicegah.

2. Alpukat

Buah dengan daging lembut ini, tergolong buah rendah asam yang aman dikonsumsi bagi penderita asam lambung. Selain itu, buah ini juga cocok untuk menu diet, kaya akan kandungan vitamin, mineral, dan senyawa yang bisa menghambat penyerapan kolesterol dalam tubuh.

3. Semangka

Buah satu ini dikenal dengan rasa manis dan berkuah banyak. Faktanya semangka tergolong buah banyak dengan pH yang cukup tinggi, yakni sekitar 5–6,7, sehingga aman untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit asam lambung.

4. Melon

Buah kedua yang juga dikenal rasa manis dan berstektur kenyal yaitu melon. Bagi penderita asam lambung, cukup aman dikonsumsi karena mengandung magnesium untuk meredakan gejala maag.

Ada beragam jenis melon yang aman untuk dikonsumsi penderita refluks asam lambung, di antaranya melon honeydew, cantaloupe (blewah), sampai watermelon (semangka).

5. Pir

Buah yang tidak mengandung asam setinggi buah sitrus dan tomat, sehingga bisa mengonsumsi pir untuk asam lambung. Berkat kandungan asam yang rendah ini, buah pir dinilai tidak akan memicu kambuhnya gejala refluks asam lambung.

Editor : Leonardus Selwyn Kangsaputra