5 Camilan Ini Bisa Atasi Kolesterol Tinggi, Ada Alpukat dan Roti Gandum

Novie Fauziah
Rabu 11 Mei 2022 22:06 WIB
5 Camilan Ini Bisa Atasi Kolesterol Tinggi, Ada Alpukat dan Roti Gandum
Camilan ini bisa atasi kolesterol tinggi, ada alpukat dan roti gandum. (Foto:celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Kolesterol tinggi dapat memicu penyakit jantung yang menjadi salah satu penyebab utama kematian di seluruh dunia. Mengonsumsi makanan berlemak dan seafood menjadi biang kerok penyebab kolesterol.

Sementara, serat dan lemak sehat jantung dari makanan seperti sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, polong-polongan, dan ikan dapat membantu kolesterol tetap sehat. Secara khusus, asupan serat yang cukup dapat menurunkan kadar kolesterol hingga 10 persen.

Dilansir dari laman Health Line, Rabu (11/5/2022), apabila Anda memiliki kolesterol tinggi, American Heart Association (AHA) merekomendasikan untuk membatasi asupan lemak jenuh dari makanan seperti daging dan produk susu hingga tidak lebih dari lima sampai enam persen kalori harian Anda atau 11–13 gram untuk seseorang yang makan dua ribu kalori per hari.

Nah oleh karena itu, Anda dianjurkan mengonsumsi makanan atau camilan sehat yang dapat membatu menurunkan kadat kolesterol dalam tubuh. Antara lain sebagai berikut:

1. Tuna dan nori

Tuna merupakan sumber asam lemak omega-3, sejenis lemak tak jenuh yang menunjukkan efek penurun kolesterol. Anda bisa membuat camilan dari ikan ini, ditambah dengan bahan lainnya seperti nori (rumput laut).

Anda dapat membuat salad tuna dan campuran bahan lainnya, yang menyehatkan jantung seperti minyak zaitun, bawang merah, atau seledri. Kemudian, gunakan lembaran nori atau daun selada untuk membuat bungkus sandwich tuna untuk camilan.

2. Alpukat dan roti gandum

Alpukat adalah sumber yang kaya lemak tak jenuh, yang telah terbukti membantu menurunkan kolesterol LDL (jahat). Terlebih lagi, setiap separuh buah ini mengandung kurang lebih lima gram serat.

Anda bisa mengonsumsi alpukat dengan roti gandum utuh untuk mendapatkan lebih banyak serat. Untuk membuat roti panggang alpukat, cukup panggang sepotong roti gandum favorit dan taburi dengan alpukat yang diiris tipis. Untuk rasa ekstra, cobalah dengan perasan air lemon dan taburan herba segar.

Β 

1
/
2