5 Cara agar Tidak Cepat Lelah saat Mengemudi, Ikuti Langkah Ini!

Danang Arradian
Minggu 10 Oktober 2021 18:55 WIB
5 Cara agar Tidak Cepat Lelah saat Mengemudi, Ikuti Langkah Ini!
Cara agar Tidak Cepat Lelah saat Mengemudi. (Foto: celebrities.id/Ist)

JAKARTA, celebrities.id - Banyak pengemudi mobil tidak menyadari bahwa posisi berkendara yang ergonomis bisa berdampak besar saat mengemudi jarak jauh. Faktanya, dengan mengatur posisi duduk yang benar, nyaman, dan aman, bisa meningkatkan konsentrasi, mengurangi keletihan, bahkan menghindari kejadian yang tidak diinginkan seperti kecelakaan.

Asst. To Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Hariadi memberikan kiat ringan yang patut dicoba ketika berkendara jauh maupun dekat:

1. Posisi Duduk

Sebelum memulai perjalanan, pengendara harus mengatur posisi kursi mobil. Posisi duduk yang benar adalah badan tegak dan membentuk sudut 100 derajat. Caranya, dengan mengatur posisi sandaran kursi agar berada pada posisi tepat namun tetap rileks, serta pastikan posisi tangan dan kaki tetap bebas bergerak ketika berkendara.

Letakkan punggung menempel dengan sandaran jok atau backrest agar tidak mudah letih. Selain itu, perhatikan juga jangkauan penglihatan mata ke area exterior mirror, interior mirror, maupun blind spot area dapat terpantau jelas ketika pengendara sedang mengatur posisi kursi.

 

1
/
4