5 Cara Ampuh Membersihkan Komedo Hitam dan Putih di Wajah, Nomor 3 Sering Diabaikan

Hasyim Ashari
Senin 15 November 2021 12:45 WIB
5 Cara Ampuh Membersihkan Komedo Hitam dan Putih di Wajah, Nomor 3 Sering Diabaikan
Jangan abai memberishkan wajah. (Foto: Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Komedo merupakan salah satu bentuk jerawat yang paling umum dan siapa saja bisa mengalaminya, terutama mereka yang memiliki kulit berminyak.

Komedo terbentuk ketika pori-pori tersumbat dengan kombinasi sel kulit mati dan minyak berlebih (sebum) dari kelenjar kulit Anda. Komedo tidak bisa hilang selamanya. 

Anda harus rutin menjaga kebersihan wajah dan menjaga gaya hidup agar komedo yang muncul tidak mengganggu penampilan Anda.

Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi komedo hitam (blackhead) dan komedo putih (whiteheadas) di wajah, Senin (15/11/2021)

1. Gunakan Produk Pembersih yang Mengandung Asam Salisilat

Produk pembersih wajah yang mengandung asam salisilat dapat membersihkan komedo hitam maupun putih karena dapat menghilangkan minyak berlebih dan mengangkat sel kulit mati, sehingga tidak terjadi penyumbatan pada pori-pori di wajah.

Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakannya di malam hari saja dan kemudian menggunakan pembersih biasa Anda di pagi hari. Saat kulit Anda sudah terbiasa dengan produk, Anda dapat memilih untuk menggunakannya di pagi dan malam hari.

Bagi sebagian orang sensitif terhadap kandungan asam salisilat. Oleh sebab itu, Anda cukup menggunakan asam salisilat cukup satu kali dalam sehari. Jika kulit Anda sangat sensitif, maka sebaiknya hentikan penggunaan.

2. Lakukan Eksfoliasi dengan Lembut Menggunakan AHA dan BHA

Eksfoliasi adalah suatu cara mengangkat atau mengikis sel-sel kulit mati yang berada pada lapisan terluar kulit. Perawatan ini bisa dilakukan di rumah atau di klinik kecantikan.

Eksfoliasi kulit dilakukan untuk membantu memperbaiki warna dan tekstur kulit sehingga akan membuat kulit beregenerasi alias merangsang sel-sel baru tumbuh. Proses eksfoliasi juga dapat menghilangkan komedo pada wajah.

Daripada mencari scrub yang keras, Anda sebaiknya fokus pada asam alfa dan beta hidroksi (AHA dan BHA). Asam glikolat adalah jenis AHA yang paling umum, dan asam salisilat adalah BHA yang menonjol.

Keduanya bekerja dengan menghilangkan lapisan sel kulit mati di wajah. Selain itu, AHA dan BHA juga dapat memperbaiki munculnya kerutan dan bintik-bintik penuaan, sambil membersihkan pori-pori dan membuat kulit Anda lebih lembut.

 

1
/
2