5 Cara Atasi Kecemasan dan Ketakutan, Nomor 3 Banyak Konsumsi Makanan Sehat

Novie Fauziah
Jumat 22 Juli 2022 23:16 WIB
5 Cara Atasi Kecemasan dan Ketakutan, Nomor 3 Banyak Konsumsi Makanan Sehat
Kecemasan atau ketakutan secara berlebihan akan berdampak buruk terhadap kesehatan dan mental seseorang. (Ilustrasi: Pixabay)

JAKARTA, celebrities.id - Kecemasan atau ketakutan secara berlebihan akan berdampak buruk terhadap kesehatan dan mental seseorang. Hal ini karena beberapa faktor seperti traumatik, stres dan lainnya.

Selain itu terkadang orang yang mengalami kecemasan berlebih, membuat tubuhnya tak dapat terkontrol dengan baik, bisa saja ia sering tremor hingga tidak erni bicara. Lantas, bagaimana cara mengatasinya?

Dilansir dari laman Mental Health, Jumat (22/7/2022), berikut ini lima hal yang harus Anda lakukan saat takut dan cemas hadir.

Cara Mengatasi Kecemasan dan Ketakutan

1. Minta bantuan medis

Anda tidak bisa mengatasinya sendiri, ketika seseorang mengalami hal ini yaitu mudah cemas, maka memerlukan bantuan medis atau dokter. Bicarakan derita yang sedang kamu alami, kemudian tanya solusinya. Bisa saja mendapatkan terapi, dan perawatan lainnya.

2. Lawan rasa cemas dalam diri

Memang sulit untuk mengatasi rasa cemas yang terjadi kepada diri sendiri. namun jika Anda merasa sendiri dan tidak ada yang bisa membantu meredakan rasa cemas, coba lawan. Yakinkan bahwa diri Anda bisa melewatinya. Kemudian hindari hal-hal yang dapat membuat rasa cemas itu datang.

3. Kenali diri sendiri

Cobalah untuk mempelajari lebih lanjut tentang ketakutan atau kecemasan Anda. Buatlah buku harian kecemasan atau catatan pikiran untuk dicatat, kapan itu terjadi dan apa yang terjadi.

 

1
/
2