5 Cara Atasi Kulit Berjerawat akibat Masker, Pakai Pembersih yang Lembut

Wilda Fajriah
Selasa 05 Oktober 2021 13:02 WIB
5 Cara Atasi Kulit Berjerawat akibat Masker, Pakai Pembersih yang Lembut
Pakai pembersih yang lembut untuk atas jerawat usai pakai masker. (Foto: celebrities.id/Freepik.com)

JAKARTA, celebrities.id - Sejak awal pandemi Covid 19, semua orang wajib memakai masker agar tetap aman. Penggunaan masker adalah kebiasaan biasa bagi sebagian orang seperti profesional kesehatan.

Tetapi, sekarang masker juga diperlukan di banyak tempat umum seperti restoran dan toko kelontong, sebagai penghalang terhadap virus Corona yang menyebar melalui droplet.

Namun, jika digunakan sembarangan, masker juga bisa menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan. Mulai dari timbulnya jerawat, penglihatan kabur, hingga hingga iritasi kulit dan aliran udara terbatas.

Masalah paling umum yang dihadapi banyak orang adalah jerawat. Hal ini terjadi ketika pori-pori kulit tersumbat oleh minyak, sel kulit mati, dan kotoran yang mengakibatkan timbulnya jerawat, komedo putih, atau komedo hitam.

Masker juga diketahui menyebabkan Rosacea (wajah kemerahan) yang dapat menyebabkan jerawat dan kemerahan. Kulit wajah sangat sensitif dan orang bisa mengalami alergi karena bahan masker yang lagi-lagi dapat menyebabkan ruam merah disertai iritasi dan lecet.

Selain itu, penggunaan masker secara teratur juga dapat menyebabkan folikulitis. Ini adalah infeksi folikel rambut Anda yang menyebabkan benjolan dan terlihat seperti jerawat. Anda mungkin juga mengalami rasa gatal atau nyeri.

 

1
/
2