5 Cara Bangun Pagi Lebih Berenergi, Salah Satunya Bergerak

Rizky Pradita Ananda
Rabu 10 Maret 2021 16:26 WIB
Bangun Tidur Berenergi (Foto: Womenplanet)

JAKARTA, celebrities.id - Bangun tidur di pagi hari dengan semangat dan berenergi, menjadi hal penting agar bisa menjalani hari dengan optimal. Namun, banyak orang yang merasa bangun pagi tapi masih merasa lelah.

Lalu, apa yang harus dilakukan agar bisa bangun tidur lebih berenergi? Seperti dinukil dari laman Huffingtonpost, Rabu (3/3/2021), berikut lima cara efektif dari para ahli supaya bisa bangun pagi lebih berenergi.

1. Tarik napas dalam-dalam 10 kali

Salah satu efek stres adalah berkurangnya energi. Seperti disarankan Gregory Katz, dokter ahli jantung di Nuvance Health, hal pertama yang bisa dilakukan begitu bangun tidur di pagi hari adalah tarik napas dalam-dalam 10 kali.

"Saya mencoba diam dan fokus melakukan deep breathing selama beberapa menit sebelum memulai hari," kata dr Gregory.

2. Menghidrasi tubuh

Minum air mineral walau sedang tidak haus, bisa menjadi suntikan booster bagi tubuh. Inilah kenapa banyak ahli nutrisi menyarankan saat bangun tidur biasakan langsung minum air mineral.

"Tetap terhidrasi membantu kita tetap berenergi karena air membantu oksigen bergerak ke seluruh tubuh. Makin efisien kita bisa mengirimkan oksigen ke otot dan organ tubuh, makin banyak energi yang kita miliki," kata ahli diet dan nutrisi Stephanie Nelson.

3. Bergerak

Latihan fisik punya banyak manfaat untuk energi tubuh, mulai memompa endorfin (hormon yang membuat nyaman dan semangat) hingga meningkatkan konsentrasi sehingga seseorang jadi lebih siap mengerjakan tugas di hari itu.

Untuk aktivitas fisik pada pagi hari, dr Gregory Katz menyarankan bisa dengan melakukan gerakan senam, peregangan, atau gerakan yang sedikit lebih berat (apa pun yang membuat darah jadi mengalir).

 

1
/
2