5 Cara Mengatasi Kulit Merah akibat Skincare

Laras Dwi Sasmita
Sabtu 11 Juni 2022 13:51 WIB
5 Cara Mengatasi Kulit Merah akibat Skincare
Cara mengatasi kulit memerah akibat skincare. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebriteis.id – Gonta-ganti produk skincare menjadi sesuatu hal yang sering terjadi di kalangan wanita. Rutinitas kecantikan yang salah tanpa disadari bisa menyebabkan kulit kering, teriritasi, dan merah.

Berbagai kerusakan yang disebabkan oleh adanya berbagai perawatan kulit wajah salah satunya adalah kulit wajah yang memerah serta mengalami iritasi. Terkadang diperlukan waktu berhari-hari, berminggu-minggu, atau berbulan-bulan untuk menghilangkan iritasi kulit wajah. 

Melansir dari berbagai sumber pada Sabtu (11/6/2022), berikut cara mengatasi kulit memerah akibat skincare. 

Cara Mengatasi Kulit Merah akibat Skincare

1. Hindari produk perawatan kulit tanpa pewangi 

Menghindari produk produk perawatan kulit tanpa pewangi menjadi salah satu cara mengatasi wajah memerah atau iritasi. Pasalnya kulit yang menjadi iritasi dan sensitif, mungkin karena penggunaan bebas pewangi  dari losion, sabun, atau deterjen. Produk perawatan kulit tanpa pewangi memiliki bahan kimia yang dapat mengiritasi kulit. 

2. Batasi waktu mandi 

Waktu mandi maksimum yang disarankan adalah sekitar 5 hingga 10 menit. Ahli kulit mengatakan bahwa ini adalah waktu yang cukup untuk membersihkan dan melembapkan kulit. Sehingga jika dilakukan secara berlebihan dapat membuat minyak alami yang menjaga kesehatan kulit akan terkelupas, membuat pori-pori terbuka dan menimbulkan kulit iritasi kemerahan. 

3. Pakai produk kecantikan dengan kandungan melembabkan 

Produk yang mengandung niacinamide, sulfur, allantoin, kafein, akar licorice, chamomile, aloe, dan mentimun dapat membantu mengurangi kemerahan. Pelembab yang mengandung bahan-bahan menenangkan tersebut salah satunya niacinamed dapat membantu meredakan peradangan. 

 

1
/
2