5 Cara Mengatasi Rambut Rontok setelah Melahirkan, Konsumsi Makanan Sehat dan Vitamin

Ryan Dipo Triandiri
Selasa 26 Oktober 2021 15:54 WIB
5 Cara Mengatasi Rambut Rontok setelah Melahirkan, Konsumsi Makanan Sehat dan Vitamin
Cegah rambut rontok dengan makanan sehat. (Foto: Freepik)

JAKARTA, celebrities.id – Rambut rontok memang sangat menggangu, terlebih hal itu terjadi paska melahirkan. Pasalnya, wanita yang sedang hamil mengalami peningkatan kadar progesteron serta penurunan kadar estrogen dan menyebabkan rambut mulai jatuh pada tahap istirahat yang terlalu dini.

Dilansir dari Times Of India, Selasa (26/10/2021) setelah wanita melahirkan, rambut baru mulai tumbuh. Kemudian menyebabkan rambut yang sedang berada dalam fase istirahat menjadi rontok. Ini biasanya terjadi antara tiga hingga enam bulan setelah melahirkan. Dan kebanyakan wanita mencapai pola pertumbuhan rambut yang normal. 

Selama masa kehamilan, rambut berada dalam tahap pertumbuhan dan tahap kerontokan menjadi lambat. Rambut bisa menajdi lemas, keriting, bahkan kering karena perubahan hormonal yang terjadi, kerontokan bisa dua kali lipat dibandingkan dengan kondisi normal. Pasca melahirkan, kadar hormon kembali normal dan siklus rambut berjalan seperti biasanya.

Berikut, di bawah ini merupakan lima cara mengatasi rambut rontok setelah melahirkan:

1. Makan makanan yang sehat

Konsumsilah makanan yang mengandung antioksidan. Inilah beberapa makanan yang baik untuk dikonsumsi seperti stroberi, apel, rajma, plum, dan lainnya. Antioksidan ini dapat membantu untuk memperkuat akar rambut kita.

2. Menjaga kebersihan kulit kepala serta rambut 

Cuci kulit kepala kamu menggunakan sampo anti-rambut rontok yang lembut. Kondisikan rambut kamu agar tidak terjadinya kerusakan. Jika kamu kekurangan waktu, gunakan kondisioner tanpa bilas.

 

1
/
2