5 Cara Mengoleskan Minyak pada Rambut, Berikut Panduan Lengkapnya

Viviana Sukirno
Selasa 21 Juni 2022 14:17 WIB
5 Cara Mengoleskan Minyak pada Rambut,  Berikut Panduan Lengkapnya
Cara mengoleskan minyak pada rambut. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id – Penggunaan minyak rambut harus dilakukan dengan benar dan tidak berlebihan. Pasalnya, jika berlebihan dapat menyumbat folikel rambut dan menyebabkan penumpukan kulit kepala serta mengalami kekeringan.

Dilansir Stylecraze pada Selasa (21/6/2022), berikut lima cara memberi minyak pada rambut dengan benar agar tidak kering.

Cara Memberi Minyak Pada Rambut

1.Pilih Minyak yang Tepat Untuk Jenis Rambut 

Jika Anda memiliki kulit kepala berminyak, gunakan minyak ringan seperti minyak biji anggur dan minyak almond. Minyak berat, seperti kelapa, zaitun, dan jojoba, paling baik untuk kulit kepala dan rambut kering.

2. Pilih Minyak Esensial

Untuk pengenceran, gunakan 15 tetes hingga 20 tetes minyak esensial per enam sendok teh untuk rambut.

3.Pijat Kulit Kepala

Memijat kulit kepala merangsang folikel rambut dan meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala. Hal ini juga mengurangi sakit kepala dan meningkatkan relaksasi. 

Pijat minyak ke kulit kepala dengan lembut selama 10-15 menit. Gunakan ujung jari untuk memijat dengan gerakan melingkar dan gosok perlahan minyak dan tutupi seluruh area kulit kepala. Setelah selesai dengan kulit kepala, aplikasikan hingga ke ujung rambut Anda.

4. Bungkus Rambut dengan Handuk Hangat

Membungkus rambut Anda dengan handuk hangat mendorong penetrasi minyak lebih dalam ke kulit kepala dan rambut. Ini membantu meremajakan rambut kering dan rusak dan juga menyegel kelembapan pada rambut Anda.

5. Bilas dengan Baik

Biarkan rambut direndam dengan minyak rambut semalaman atau biarkan selama satu hingga dua jam. Cuci bersih dengan sampo ringan keesokan harinya. Jangan biarkan dalam waktu lama karena rambut akan mulai menarik kotoran. Gunakan air biasa atau air dingin untuk membilas rambut.

memberi minyak pada rambut memamng diperlukan megingat mengandung nutrisi penting yang melumasi folikel rambut dan memberikan kelembapan pada batang rambut yang bisa menjaganya tetap sehat. 

Selain itu, meminyaki rambut juga bisa meningkatkan pertumbuhannya, memelihara akar, menjinakkan rambut kusut, melindungi rambut dari stresor lingkungan seperti debu, sinar UV, dan polusi juga mencegah kekeringan. Namun, untuk menuai manfaat maksimal, Anda harus mengoleskan minyak rambut dengan cara yang benar.

Editor : Tia Ayunita