5 Cara Mengontrol T-Zone agar Tak Mudah Berminyak, dari Cuci Muka hingga Pakai Pelembab

Novie Fauziah
Jumat 21 Januari 2022 08:30 WIB
5 Cara Mengontrol T-Zone agar Tak Mudah Berminyak, dari Cuci Muka hingga Pakai Pelembab
Cara mengontrol T-Zone agar tak mudah berminyak. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - T-zone adalah bagian dahi dan hidung, area yang paling gampang berminyak. Komedo hingga beruntusan pun sering terjadi di bagian tersebut. Apalagi jika seharian beraktivitas di luar ruangan, ditambah jenis kulit yang sensitif.

Hal tersebut menjadi problematika tersendiri bagi sebagian orang. Tak jarang pula, jika area T-zone mulai mengeluarkan minyak berlebih akan berdampak terhadap penumpukan kotoran dan merusak riasan makeup.

Lalu bagaimana cara mengatasinya, apakah ada perawatan khusus agar T-zone tidak bermasalah? Dilansir laman Health Line, Jumat (21/1/2022), berikut ini lima cara supaya area kulit Anda itu tetap terjaga, serta terawat.

1. Cuci muka setiap hari

Salah satu cara terbaik untuk mengontrol T-zone yang berminyak adalah dengan mencuci muka secara teratur. Hal ini dapat menghilangkan kelebihan sebum, bersama dengan sel kulit mati, bakteri, dan kotoran.

Waktu-waktu yang tepat untuk mencuci muka adala di pagi hari, setelah bangun tidur, setelah berolahraga atau berkeringat, malam hari sebelum tidur

Cuci wajah Anda dengan lembut, terutama jika Anda memiliki jerawat aktif. Menggosok atau menggosok kulit dengan kuat dapat menyebabkan kemerahan dan iritasi.

2. Gunakan pembersih yang lembut

Memilih pembersih yang tepat adalah kunci untuk mengontrol minyak yang ada di T-zone. Cari pembersih wajah yang bebas minyak, noncomedogenic (artinya dirancang untuk tidak menyumbat pori-pori), berbusa.

Hindari sabun wajah yang keras, terutama yang mengandung alkohol. Produk yang mengandung alkohol dapat mengeringkan kulit sehingga kelenjar sebaceous memproduksi lebih banyak minyak.

3. Oleskan pelembab setiap hari

Jika Anda memiliki T-zone berminyak, mungkin akan sedikit ragu menggunakan pelembab. Tapi ini adalah langkah penting untuk melembabkan di saat wajah berminyak.

Jika kulit terlalu kering, kelenjar minyak Anda hanya akan menghasilkan lebih banyak minyak. Gunakan pelembab setelah mencuci muka. 

Pilih produk yang bebas minyak, nonkomedogenik, gel jika Anda memiliki kulit berminyak atau cuaca lembap, lotion jika Anda memiliki kulit normal atau kombinasi.

4. Gunakan makeup

Jika Anda memakai makeup, pilihlah untuk menggunakan bedak tabur, daripada krim atau sesuatu yang berbentuk cair. Ini karena bedak tabur bergungsi menyerap minyak.

Jika Anda ingin menggunakan make up berbentuk krim atau cair, pilih produk yang bebas minyak dan nonkomedogenik.

5. Gunakan kertas minyak

Kertas penyerap minyak adalah salah satu cara supaya area T-zone Anda tetap terkontrol. Bentuknya juga praktis, bisa dibawa kemana pun dan kapanpun.

Editor : Endang Oktaviyanti