5 Cara Meningkatkan Jumlah Sperma, Laki-Laki Wajib Tahu! 

Icon CameraKiki Oktaliani
Kamis 19 Januari 2023 20:49 WIB
5 Cara Meningkatkan Jumlah Sperma, Laki-Laki Wajib Tahu! 
Cara meningkatkan jumlah sperma, dari Konsumsi makanan dengan kandungan float sampai batasi asupan alkohol. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id – Masalah kesuburan pada pria memang selalu menjadi momok yang menakutkan. Ini karena dapat menghambat untuk memiliki keturunan. 

Salah satu yang dapat menganggu kesuburan dari kaum pria ini karena tidak bisa menghasilkan sperma dalam jumlah yang cukup, tidak berkualitas baik atau tidak bisa menghasilkan sperma sama sekali. 

Nah, jika Celeb Hitz mengalami masalah jumlah sperma yang sedikit, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kesuburan yang dilansir dari Parents pada Kamis (19/1/2023).

Cara meningkatkan sperma 

1. Konsumsi Makanan dengan Folat

Tambahkan makanan tinggi folat, seperti kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau, biji-bijian, buah jeruk, roti, dan pasta yang diperkaya folat.

Sebuah studi dari University of California Berkeley, menemukan bahwa mereka yang memiliki kadar asam folat lebih rendah dalam makanan, memiliki tingkat kromosom abnormal yang lebih tinggi dalam sperma mereka.

Ketika sperma dengan kromosom abnormal membuahi sel telur, itulah yang menyebabkan keguguran atau cacat lahir.  

2. Tidur Cukup

Dalam sebuah studi pada 2019, para peneliti di Aarhus University di Denmark mengaitkan waktu tidur lebih awal dengan peningkatan kualitas sperma, yaitu sebelum pukul 22:30.

Para peneliti juga menemukan hubungan antara tidur selama tujuh setengah jam sampai 8 jam per malam dapat meningkatkan kesuburan.

3. Berhenti Merokok

Merokok dapat menyebabkan jumlah sperma rendah dan bergerak lambat.

Berhenti merokok setidaknya tiga bulan sebelum Anda mencoba untuk pembuahan. 

Selain rokok, Anda juga harus menghindari obat terlarang lainnya, karena sperma dapat rusak akibat pemakaian obat-obatan tersebut.

4. Batasi Alkohol  

Meskipun tak sepenuhnya berhenti, sebaiknya batasi asupan alkohol.  Alkohol telah terbukti mengurangi produksi sperma dan menyebabkan kelainan sperma.

5. Kurangi Kafein 

Sebuah penelitian terhadap beberapa pria di Denmark menemukan bahwa jumlah sperma dan konsentrasi sperma sedikit berkurang pada pria yang memiliki asupan soda atau kafein yang tinggi.  

Batasi konsumsi kafein seperti kopi, teh, cokelat, dan minuman berenergi, hingga 300 miligram sehari.

Editor : Imantoko Kurniadi

Follow Berita Celebrities di Google News