5 Cara Menjaga Area Kewanitaan agar Bersih dan Terhidrasi, dari Makan Sehat hingga Hindari Pakaian Ketat

Wilda Fajriah
Senin 01 November 2021 15:39 WIB
5 Cara Menjaga Area Kewanitaan agar Bersih dan Terhidrasi, dari Makan Sehat hingga Hindari Pakaian Ketat
Cara Menjaga Area Kewanitaan agar Bersih dan Terhidrasi. (Foto: celebrities.id/Times of India)

JAKARTA, celebrities.id – Pembahasan area kewanitaan selalu menjadi masalah tabu dalam budaya kita. Banyak wanita sampai saat ini yang merasa janggal untuk membicarakan kebersihan kewanitaan.

Meski begitu, sangat penting untuk mengetahui tentang kebersihan vagina agar alat kelamin Anda tetap bersih dan sehat. Mengabaikan masalah yang terkait dengan kebersihan area kewanitaan dapat menyebabkan banyak komplikasi di masa depan.

Kesehatan vagina adalah bagian penting dari kesehatan wanita secara keseluruhan. Shivani Sharma, Co-Founder, Aanam Sutras membagikan beberapa tips dasar untuk menjaga area keanitaan tetap terhidrasi dan sehat, yang harus diikuti oleh setiap wanita, berapa pun usia Anda.

1. Usahakan agar area kewanitaan Anda tetap kering

Melansir Times of India, sebagian wanita cenderung banyak berkeringat di dekat area intimnya, karena kelembaban yang khas atau ada kemungkinan Anda tidak terbiasa mengelap vagina setelah buang air kecil.

Padahal, basahnya area intim Anda yang menyebabkan bau tidak sedap dan dapat menempatkan Anda pada risiko infeksi vagina. Jadi, Anda harus memastikan bahwa area intim Anda tetap kering.

2. Pertahankan kebiasaan makan sehat

Pola makan yang sehat memainkan peran yang sangat penting dalam menjaga kesehatan vagina. Anda harus menghindari makanan yang ekstra pedas dan berminyak karena konsumsi makanan yang lebih asam dapat menyebabkan ketidakseimbangan pH dan juga menjadi penyebab bau menyengat di area intim.

Sebaliknya, Anda harus meningkatkan asupan makanan yang kaya nutrisi seperti yogurt, buah-buahan, sayuran hijau yang akan membantu dalam peningkatan bakteri sehat di vagina.

3. Jaga diri Anda tetap terhidrasi

"Jika Anda ingin merawat vagina Anda dengan benar, pastikan Anda tetap terhidrasi," kata Shivani.

Untuk menjaga kesehatan vagina, seseorang harus minum banyak air dan minuman cair sehat yang baik untuk menjaga saluran kemih tetap sehat.

4. Hindari pakaian ketat

Mengenakan skinny jeans atau celana ketat yang membuat sulit bernapas, membatasi gerakan dan membatasi aliran udara dapat menyebabkan lebih banyak keringat dan juga dapat bertanggung jawab untuk meningkatkan bakteri jahat atau infeksi.

5. Ganti pembalut setelah 4-5 jam

Jika Anda sedang menstruasi, penting untuk menjaga kebersihan di area kewanitaan Anda karena ada kemungkinan besar untuk terinfeksi infeksi vagina.

Baik Anda menggunakan pembalut atau tampon, Anda harus menggantinya setiap 4-5 jam sekali untuk menghindari ruam kulit dan bau tak sedap.

Masih ada beberapa wanita yang lebih memilih menggunakan kain yang dapat digunakan kembali selama siklus menstruasi mereka yang benar-benar berisiko bagi kesehatan vagina dan harus dihindari. Juga, cuci area intim Anda setiap kali Anda pergi ke kamar kecil.

Editor : Endang Oktaviyanti