5 Cara Merawat Kulit Kepala agar Tidak Gatal, Salah Satunya Perbanyak Minum Air

Wilda Fajriah
Rabu 28 April 2021 14:54 WIB
Gunakan sampo alami ringan untuk kulit kepala agar tidak gatal. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Jelang musim panas, kulit kepala akan lebih banyak terpapar sinar matahari sehingga menimbulkan masalah rambut. Ini akan membuat kulit kepala menjadi gatal, muncul ruam, serta iritasi.

Sangat penting untuk melindungi kulit kepala dari kekeringan yang berlebihan. Meski terlalu banyak paparan sinar matahari akan membanjiri kulit kepala dengan akumulasi debu dan kotoran karena keringat berlebih, beberapa masalah lain dapat mencakup infeksi jamur, dermatitis, kulit kepala gatal dan yang paling umum, ketombe.

Hal ini pada akhirnya akan menyebabkan rambut rontok dan kering serta ujung bercabang. Satu-satunya cara untuk mengendalikan masalah ini adalah dengan fokus menjaga kulit kepala tetap kering dan bersih. 

Melansir Times of India, berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk merawat kulit kepala agar terhindar dari rasa gatal.

1. Gunakan sampo alami ringan

Sampo konvensional lebih cenderung membuat rambut Anda terpapar bahan kimia keras yang dapat membahayakan kulit kepala dan rambut Anda dengan efek jangka panjang yang mengerikan. Menggunakan sampo alami dapat membantu rambut terasa lebih lembut dan halus sekaligus meningkatkan kilau alaminya dari dalam.

2. Keramas setidaknya tiga kali seminggu

Akibat keringat yang berlebihan, penumpukan kotoran di kulit kepala pada akhirnya akan merusak rambut Anda. Keramas akan membersihkan kulit kepala dan menjaga rambut tetap segar dan berkilau. Juga yang terbaik adalah membiarkan rambut Anda mengering secara alami.

 

1
/
2