5 Cara Merawat Rambut Rontok Secara Alami dan Permanen

Lia Julianti
Jumat 12 November 2021 13:45 WIB
5 Cara Merawat Rambut Rontok Secara Alami dan Permanen
Merawat rambut rontok. (Foto: Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Cara merawat rambut rontok dapat dilakukan setiap hari di rumah agar rambut tetap sehat dan terbebas dari kebotakan. Ada banyak hal yang dapat kamu lakukan untuk memperlambat atau menghentikan kerontokan rambut. 

Setiap orang tentunya mengalami kerontokan rambut setiap hari, itu merupakan hal yang sangat normal. Tetapi saat kerontokan rambut terus berlanjut, kamu harus segera untuk menemui dokter. 

Karena bisa jadi kerontokan rambut bisa disebabkan oleh hal-hal seperti masalah tiroid, stres, infeksi kulit kepala, alopecia androgenik, atau sekadar penuaan. Dilansir dari beberapa sumber, Kamis (11/11/2021), celebrities id telah merangkum  cara merawat rambut rontok yang bisa kamu lakukan dirumah:

Cara Merawat Rambut Rontok Secara Alami

Berikut deretan cara merawat rambut rontok secara alami yang efektif agar sehat dan lebat:

1. Mengonsumsi vitamin A

Mengkonsumsi Vitamin A dapat mengurangi kerontokan rambut, terdiri dari bagian retinoid, yang telah terbukti meningkatkan pertumbuhan rambut. Vitamin ini juga dapat membantu produksi sebum, menjaga kulit kepala lebih sehat dan mampu mempertahankan lebih banyak rambut.

2. Memakai masker aloe vera 

Aloe Vera, yang sedikit basa, dapat mengembalikan tingkat pH alami kulit kepala. Hal ini juga dapat digunakan untuk pengobatan ketombe. Ini meningkatkan pertumbuhan rambut dengan menembus jauh ke dalam kulit kepala.

Cara Membuat: Ambil tangkai Aloe Vera dan ambil ampasnya. Oleskan ke rambut dan kulit kepala Anda dan biarkan selama sekitar 45 menit.

Bilas dengan air biasa. Lakukan ini tiga sampai empat kali seminggu untuk melihat hasil yang lebih baik.

3. Memakai masker santan

Santan : Kaya akan protein, mineral dan lemak esensial, santan dapat mengontrol rambut rontok, mengurangi kerusakan rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Kamu membutuhkan: 1 cangkir santan. Anda bisa membuatnya dengan menggiling kelapa parut dalam mixer dan memeras susunya.

Pemakaian: Pijat dalam santan ke kulit kepala dan rambut. Oleskan santan dari kulit kepala ke ujung rambut. Bungkus handuk di sekitar kepala dan biarkan selama sekitar 20 hingga 30 menit. 

Setelah itu, cuci rambut dengan sampo dan air dingin. Lakukan seminggu sekali untuk mendapatkan hasil yang efektif.

 

1
/
2