5 Cara Mudah Cek Mobil Pribadi sebelum Mudik Lebaran

Bertold Ananda
Sabtu 30 April 2022 16:47 WIB
5 Cara Mudah Cek Mobil Pribadi sebelum Mudik Lebaran
Cara mudah cek mobil pribadi sebelum mudik Lebaran mulai dari kondisi air radioator. (Foto: Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Sebelum melakukan perjalanan mudik Lebaran menggunakan mobil pribadi, ada baiknya kamu mengecek kondisi mobil terkini. Hal ini dilakukan supaya mencegah mobil dari indikasi mogok di tengah jalan.

Ada beberapa cara mudah cek mobil pribadi sebelum mudik Lebaran. Kamu bisa memeriksa kondisi mobil baik secara mandiri maupun di bengkel resmi. 

Berikut ini celebrities.id telah merangkum 5 cara mudah cek mobil pribadi sebelum melakukan perjalanan mudik tahun ini, Sabtu (30/4/2022).  

5 Cara Mudah Cek Mobil Pribadi

1. Cek kondisi air radiator dan kebocoran komponen pendingin mesin

Cara pertama yang perlu kamu lakukan dengan sangat mudah yaitu dengan melakukan pengecekan air radiator dan komponen pendingin mesin. Periksa keseluruhan mesin pendingin dan pastikan tidak ada kebocoran pada selang radiator maupun pada tabung reservoir. Setelah itu kamu juga periksa kondisi air radiator.
Jika mobil menggunakan air biasa sebaiknya diganti dengan menggunakan coolant khusus. Sebab coolant memiliki zat aditif yang berfungsi untuk mendinginkan mesin dan tidak mudah panas dan menguap. Cara penggantian airnya diselingi dengan flushing radiator. Hal ini dilakukan guna memastikan kotoran atau karat pada sistem radiator akan terangkat dan terbuang saat pengurasan. Kemudian setelah flushing baru tambahkan air radiator dengan coolant pendingin khusus.

2. Cek kelistrikan mobil

Cara mudah mengecek mobil pribadi yang kedua adalah kelistrikan mobil. Mengapa demikian? Sebab kelistrikan berpengaruh penting terhadap sistem kerja starter, AC, lampu dan audio. Maka itu, periksa kelistrikan mobil dan juga komponen pendukung lainnya seperti kabel, relay , alternator dan aki. Ketika keempat komponen ini tidak seirama maka yang terjadi mobil mengalami malfungsi dengan kelistrikannya.

 

1
/
2