5 Cara Tetap Sehat usia Nikmati Hidangan Khas Imlek, Disarankan Konsumsi Teh Hijau

Icon CameraWiwie Heriyani
Minggu 22 Januari 2023 20:53 WIB
5 Cara Tetap Sehat usia Nikmati Hidangan Khas Imlek, Disarankan Konsumsi Teh Hijau
Cara tetap sehat usia nikmati hidangan khas imlek. (Foto: celebrities.id/ Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Momen perayaan Imlek atau Tahun Baru China identik dengan bermacam santapan lezat yang mengunggah selera. Tak jarang, momen ini membuat Celeb Hitz menjadi lebih banyak makan.

Tentu, mengonsumsi santapan secara berlebihan memiliki dampak negatif bagi kesehatan. 

Nah, agar tubuh tetap sehat ketika menikmati makanan tersebut, ada beberapa cara yang perlu Anda lakukan, seperti dilansir dari berbagai sumber, Minggu, (22/1/2023).

Tips Menjaga Kesehatan

1.Banyak minum air putih

Menurut ahli diet di Rumah Sakit Mount Elizabeth, Lee Yee Hong, air merupakan pilihan minuman yang ideal saat Anda haus, karena mengandung nol kalori dan menjaga berat badan Anda.

Banyak minum air juga sangat penting setelah seharian makan saat perayaan Imlek untuk membantu membuang limbah yang terkumpul. 

Perlu diingat, kekurangan cairan atau dehidrasi ringan dapat membuat tubuh salah mengira kalau rasa haus sebagai rasa lapar. 

Maka dari itu, pastikan untuk mengonsumsi segelas air sebelum berkunjung atau berkumpul dengan keluarga besar. 

2.Mengatur porsi makan

Berbagai hidangan yang Anda temui saat perayaan Imlek tentu bisa membuat Anda kalap. Mulai dari yang manis, asin, pedas, makanan laut, makanan yang digoreng, direbus, hingga dikukus. 

Sebaiknya, pastikan agar Anda bisa mengatur porsi makan sebaik mungkin untuk menghindari “kalap” agar terhindar dari penyakit.

Mencicipi semua hidangan yang disajikan memang sah-sah saja. Namun, sebaiknya makan dalam porsi kecil saja. 

Dengan begitu, Anda tidak akan terlalu merasa kenyang serta tidak memicu penyakit karena berlebihan mengonsumsi jenis makanan tertentu, misalnya makanan yang digoreng atau makanan yang mengandung seafood.

3. Makan manis secukupnya

Saat perayaan Imlek, Anda mungkin akan menemukan dan tergiur dengan makanan manis. 

Hati-hati jangan sampai berlebihan mengonsumsi makanan yang mengandung pemanis tambahan. 

Makanan yang terlalu manis bisa memicu berbagai masalah kesehatan. Apalagi bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit gula darah alias diabetes. 

Karena itu konsumsilah makan manis secukupnya saja agar tubuh tetap sehat.

4. Mengonsumsi teh hijau

Segelas teh hijau hangat juga bisa menjadi sajian penutup yang menyehatkan pasca menyantap berbagai kuliner khas perayaan Imlek.

Saat ini, beberapa keluarga kerap menyajikan teh hijau sebagai hidangan Imlek. Jenis teh yang satu ini dikenal memiliki kandungan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. 

Teh hijau memiliki ragam antioksidan yang mampu membantu menangkal radikal bebas. Sebab, serangan radikal bebas bisa merusak sel-sel dalam tubuh.

5. Banyak makan buah

Tak hanya berbagai masakan mengunggah selera dan kudapan serba manis, perayaan Imlek juga kerap identik dengan buah-buahan segar, seperti jeruk, apel, kelengkeng, hingga buah naga. 

Agar tetap sehat, pastikan untuk tidak melewatkan jenis makanan tersebut. Masukkan jenis buah-buahan segar tersebut dalam menu utama.

Editor : Imantoko Kurniadi

Follow Berita Celebrities di Google News