5 Cara Tingkatkan Produksi Kolagen dalam Tubuh secara Alami, Salah Satunya Konsumsi Vitamin C

Wilda Fajriah
Senin 27 Desember 2021 12:05 WIB
5 Cara Tingkatkan Produksi Kolagen dalam Tubuh secara Alami, Salah Satunya Konsumsi Vitamin C
Salah satu tingkatkan kolagen dengan mengonsumsi vitamin C. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Kolagen adalah protein yang paling umum ditemukan dalam tubuh. Kolagen hadir di tendon, lemak, dan ligamen, di antara tempat-tempat lain. 

Kolagen membantu bagian-bagian tubuh kita untuk menyatu dan sangat penting untuk kekuatan struktur tulang kita. Ketika kadar kolagen sehat, sel-sel yang mengandung kolagen tampak kuat dan awet muda.

Hal yang menarik dari kolagen adalah merangsang pertumbuhannya menyebabkan efek domino. Semakin banyak kolagen yang Anda miliki, semakin banyak tubuh Anda mampu memproduksi dan membuat wajah terlihat awet muda. Selain tersedianya perawatan kolagen di klinik kecantikan dengan harga yang mahal, Anda juga bisa meningkatkan produksinya secara alami.

Dilansir MNC Portal dari laman Healthline pada Senin (27/12/2021), berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh secara alami.

1. Menggunakan produk berbahan dasar lidah buaya

Gel lidah buaya telah lama digunakan untuk menyembuhkan dan menenangkan luka. Dia bekerja untuk mengobati luka karena tanaman lidah buaya meningkatkan produksi kolagen ketika dioleskan atau bahkan diminum. Sifat merangsang pertumbuhan sel ini dapat membantu meningkatkan produksi kolagen di kulit Anda.

Lidah buaya dapat dioleskan langsung ke kulit dalam bentuk murni, atau dalam bentuk banyak produk di pasaran yang mengandungnya. Setidaknya satu studi menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen oral lidah buaya akan meningkatkan kualitas kulit.

2. Mengonsumsi makanan kaya Vitamin C

Vitamin C sangat penting untuk sintesis asam hialuronat. Asam hialuronat telah disebut-sebut untuk mempercepat waktu pemulihan dan meredakan nyeri sendi. Tanpa kadar vitamin C yang cukup, tubuh Anda tidak akan mendapatkan manfaat penuh dari makanan yang mengandung asam hialuronat.

Satu studi menunjukkan bahwa asam hialuronat dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh manusia. Asam hialuronat secara alami ditemukan di dalam tubuh, tetapi berkurang seiring bertambahnya usia.

Makan makanan yang kaya vitamin C dan asam amino dapat meningkatkan kadar asam hialuronat dan kolagen dalam tubuh karena keduanya penting untuk kulit. Makanan seperti jeruk, paprika merah, kangkung, kubis Brussel, brokoli, dan stroberi semuanya kaya akan vitamin C.

 

1
/
2