5 Fakta Gaya Rambut Box Braids yang Membuat Lisa BLACKPINK Dicemooh

Melati Pratiwi
Kamis 30 September 2021 17:58 WIB
5 Fakta Gaya Rambut Box Braids yang Membuat Lisa BLACKPINK Dicemooh
Gaya rambut Box Braids Lisa BLACKPINK dalam lagu Money digugat netizen. (Foto: celebrities.id/Soompi)

SEOUL, celebrities.id - Lisa BLACKPINK merilis single kedua berjudul Money yang menuai kontroversi. Bukan lirik dan irama musiknya yang digugat, tapi gaya rambut dari sang idol.

Lisa BLACKPINK pun meminta maaf kepada penggemarnya atas isu perampasan budaya tersebut. Dalam video musik lagu Money Lisa menggunakan gaya rambu box braids atau kepang kotak.

Box braids ini ternyata bukan sekadar gaya rambut yang dianggap unik dan keren, tetapi memiliki sejarah di balik itu. Dilansir dari maneaddicts, Kamis (30/9/2021), sebenarnya rambut kepang ini merupakan gaya yang kaya dengan budaya dan sejarah, berasal dari sekitar 3.500 SM.

1. Budaya Afrika

Zinga A. Fraser pernah mengatakan kepada Essence Magazine bahwa wanita Afrika memiliki sejarah yang kaya dalam hal menghiar rambut mereka. Hal ini dibuktikan dari lukisan kuno wanita di Afrika Utara dengan gaya rambut cornrows dan braids (kepang) ribuan tahun lalu. Gaya rambut kepang memiliki tujuan tertentu maupun sudah termasuk bagian dari kebiasaan masyarakat setempat. Tapi satu hal, mereka memang bisa dibilang sangat modis.

2. Wanita Afrika

Dalam budaya Afrika, rambut seorang wanita memiliki arti terkait banyak hal, seperti status perkawinan, usia, agama, dan lainnya. Alysa Pace dari Salon Bomane mengatakan "Braiding was and is a social art" atau mengepang adalah seni sosial, dulu ataupun sekarang.

 

1
/
2