5 Fakta Jacinda Ardern, Pemimpin Wanita Termuda di Dunia yang Mundur dari Jabatan Perdana Menteri Selandia Baru

Icon CameraAnggi Astuti
Jumat 20 Januari 2023 19:02 WIB
5 Fakta Jacinda Ardern, Pemimpin Wanita Termuda di Dunia yang Mundur dari Jabatan Perdana Menteri Selandia Baru
Fakta Jacinda Ardern bikin netizen penasaran usai mengumumkan akan mundur dari jabatan sebagai Perdana Menteri Selandia Baru pada Februari mendatang. (Foto: Huffington Post/Kerry Marshall)

JAKARTA, celebrities.id РFakta Jacinda Ardern bikin netizen penasaran usai mengumumkan akan mundur dari jabatan sebagai Perdana Menteri Selandia Baru pada Februari mendatang. 

Kiprahnya di dunia politik dimulai sejak masih kuliah. Dia bergabung dengan Partai Buruh Selandia Baru. Pada 26 Oktober 2017, Ardern resmi menjadi Perdana Menteri Selandia Baru. Ketika itu usianya 37 tahun, masih tergolong muda untuk menjadi pemimpin negara. 

Keberhasilan Ardern menghadapi berbagai masalah ketika menjabat membuatnya dikenal sebagai sosok wanita inspiratif. Melansir dari berbagai sumber, Jumat (20/1/2023), simak fakta menarik Jacinda Ardern selengkapnya. 

Fakta Jacinda Ardern

1. Pemimpin wanita termuda di dunia

Jacinda Kate Laurell Ardern atau dikenal dengan Jacinda Ardern merupakan perdana menteri wanita ketiga di negaranya. Setelah Jenny Shipley dan Helen Clark. Saat usia 18 tahun dan masih menempuh pendidikan di University of Waikato, Ardern mulai bergabung dengan Partai Buruh Selandia Baru. Pada saat 28 tahun, dia menjadi anggota DPR termuda.

Tak hanya itu, politikus kelahiran 1980 itu juga terpilih sebagai Perdana menteri saat berusia 37 tahun. Ardern menjadi Perdana Menteri termuda di Selandia Baru. Bahkan, dia juga tercatat sebagai pemimpin negara wanita termuda di dunia. 

2. Pernah membawa bayi ke sidang PBB

Di tengah masa kepemimpinannya, di tahun 21 Juni 2018 Ardern dikarunia bayi perempuan bernama Neve Te Aroha. Dilansir The Guardian, Jumat (20/1/2023) dia pernah datang ke Majelis Umum PBB di New York sembari menggendong bayinya. 

Kala itu, Ardern datang bersama suaminya, Clarke Gayford. Ketika Ardern berpidato, sang suami menggendong bayi mereka yang baru berusia tiga bulan. Meski tidak mudah, Ardern berusaha menjalani peran secara seimbang antara karier dan mengasuh anak.

3. Masuk ke daftar 100 tokoh paling berpengaruh di dunia

Ardern termasuk ke dalam daftar 100 orang paling berpengaruh di dunia versi majalah Time pada 2019 lalu. Dia disebut pemimpin yang menjadi inspirasi karena aksinya menangani kasus pembantaian di Christchurch. Ardern salah satu dari 48 orang wanita paling berpengaruh lainnya. 

4. Sosok pemimpin wanita inspiratif

Sosok Ardern sebagai pemimpin dikenal cepat tanggap dan rendah hati. Dilansir Reuters, selama menjadi Perdana Menteri, Ardern dihadapkan pada banyak permasalahan. Mulai dari peristiwa pembantaian 51 jamaah Muslim di Christchurch pada 2019, letusan gunung berapi Pulau Putih, hingga pandemi Covid-19.

 

Follow Berita Celebrities di Google News

1
/
2