5 Fakta Unik Kawah Sileri Dieng, Salah Satunya Airnya Berwarna Silver

Ratu Syra Quirinno
Sabtu 01 Mei 2021 18:55 WIB
Kawah Sileri merupakan kawah vulkanik aktif yang berada di wilayah Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah. (Foto: Instagram @banjarnegarazone)

JAKARTA, celebrities.id Kawah Sileri merupakan kawah vulkanik aktif yang berada di wilayah Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah. Kawah ini terletak di lereng barat kluster Gunung Pagerkandang-Sipandu. 

Kawah Sileri merupakan kawah yang paling aktif di Dataran Tinggi Dieng dan pernah meletus beberapa kali. Meskipun demikian, kawah ini menjadi tujuan wisata untuk melihat fenomena alam Dieng dari dekat. Kawah ini juga merupakan kawah terluas di Dataran Tinggi Dieng dengan permukaan air yang terus menerus mengeluarkan asap putih. 
 
Bagi yang ingin mendekat ke bibir kawah telah disediakan tangga dari beton yang berjejer membelah ladang penduduk, kemudian akan sampai pada gazebo. Bagi yang ingin lebih dekat lagi juga masih bisa menuruni sedikit jalan dan foto-foto di lokasi ini sangat dahsyat dan indah dengan background asap tebal putih yang mengepung kita.
 
Kawasan Wisata Berbahaya

Kawah Sileri, meskipun berpotensi cukup berbahaya, telah menjadi objek wisata alam di Dataran Tinggi Dieng yang menawarkan pemandangan indah. Suasana di sekitar Kawah Sileri pun terasa hangat karena uap muncul dari air yang mengenangi kawah. 

Berwisata ke kawah dapat digolongkan sebagai aktivitas yang menakjubkan karena Anda dapat menyaksikan gemuruh perut bumi disertai dengan uap panas. Anda juga masih bisa menyaksikan pemandangan yang masih sangat alami di sekitar Pegunungan Pagerkandang-Gunung Sipandu, bukit-bukit hijau menjulang, serta lahan pertanian milik warga yang menambah suasana asri.


 
Lokasi Terjangkau

Kawah Sileri ini masih termasuk dalam daerah wisata Dataran Tinggi Dieng. Kawah ini berlokasi di Desa Kepakisan, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah.
 
Pemandangan Indah

Pada saat pagi hari uap dari kawah sileri ini seperti masih menempel dipermukaan air, kemudian jika ditunggu sampai beberapa saat uap air ini akan mulai terangkat, dan terpisah dari permukaan air.

 

1
/
2