5 Faktor Ini Bisa Merusak Kulit, Perhatikan Asupan Gula dan Kafein

Abdul Razak
Jumat 17 Desember 2021 14:24 WIB
5 Faktor Ini Bisa Merusak Kulit, Perhatikan Asupan Gula dan Kafein
Gula dan kafein jadi salah satu penyebab kulit rusak. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Mempunyai kulit mulus dan sehat adalah impian semua orang. Namun, banyak yang tak sadar jika permasalahan kulit biasanya tergantung dengan kebiasaan makanan dan gaya hidup.

Tak banyak yang tahu ada beberapa gaya hidup atau pola makan yang bisa merusak kulit dan tentunya itu tidak disadari. Dilansir dari Healthshot, Jumat (17/12/2021), berikut ini ulasannya. 

1. Sinar matahari

Kulit tentunya sangat membutuhkan sinar matahari untuk membantu memproduksi vitamin D. Tapi seperti yang kita semua tahu, segala sesuatu yang berlebihan itu buruk. Ini juga bisa menjadi penyebab utama kerusakan kulit. Sinar ultraviolet matahari dapat menyebabkan kemerahan, nyeri, kulit panas, lecet, dehidrasi, kulit gatal.

Terlalu banyak terpapar sinar matahari dapat menyebabkan sel-sel kulit mati, rusak, atau berkembang menjadi kanker.

2. Mengonsumsi gula berlebihan

Mengkonsumsi gula berlebihan melalui minuman bersoda, permen, makanan manis serta minuman seperti teh dan kopi bisa berbahaya bagi kulit. Kelebihan gula dalam aliran darah dapat menyebabkan glikasi, yakni reaksi kimia alami yang terjadi ketika kadar gula dalam aliran darah melonjak melampaui apa yang dapat ditangani oleh insulin.

Hal ini dapat memicu penuaan lebih cepat. Selain itu, kelebihan gula dapat memperburuk kondisi kulit seperti jerawat dan eksim (peradangan kulit).

 

1
/
2