5 Makanan Ini Jadi Primadona dan Banyak Dicari saat Lebaran, Ternyata Bukan Opor Ayam

Novie Fauziah
Kamis 05 Mei 2022 21:39 WIB
5 Makanan Ini Jadi Primadona dan Banyak Dicari saat Lebaran, Ternyata Bukan Opor Ayam
Bakso dan mi ayam makanan favorit selama Lebaran. (Foto: celebrities.id/Muhammad Sukardi)

JAKARTA, celebrities.id - Setelah melewati Ramadhan dan puasa selama satu bulan, umat Islam memasuki bulan Syawal dan merayakan Hari Raya Idul Fitri. 

Berbagai hidangan khas Lebaran tersedia, seperti ketupat, opor ayam, rendang hingga sambal goreng kentang. Namun sebagian orang malah mencari makanan lain saat hari Lebaran.

Meskipun hidangan lezat tersebut masih tersedia banyak, sebagian orang khususnya masyarakat Indonesia malah berburu kuliner lain. 

Lalu makanan apa saja yang dicari saat hari-hari lebaran? Berdasarkan pantauan, berikut makanan yang dicari mulai pertama Idul Fitri 1443 Hijriyah.

1. Bakso

Pertama, makanan yang dicari saat Lebaran adalah bakso. Kuliner satu ini paling banyak dicari, dan setiap penjualnya baik memakai gerobak atau di ruko selalu diserbu oleh pengunjung.

Perpaduan antara bakso sapi, ditambah aneka mi, sayuran dan disiram dengan kuah kaldu yang gurih. Kemudian diracik dengan sambal, kecap manis, perasan jeruk nipis atau tetesan cuka, membuat makanan ini tak heran jika dicari selama momen Lebaran.

Salah satunya Nanik, pengusaha bakso Moro Seneng asal Cibatu, Sukabumi, Jawa Barat ini mengatakan, kalau jualannya selalu laris manis saat momen Lebaran tiba. Bahkan omzetnya jadi lebih meningkat.

"Alhamdulillah, lebaran omzet penjualannya jadi lebih meningkat. Orang-orang nyarinya bakso. Makanan yang seger-seger," ujarnya belum lama ini.

 

2. Rujak

Selanjutnya adalah rujak, makanan primadona dan dicari banyak orang selama beberapa hari di momen lebaran. Rasanya yang asam dan pedas, memberikan kesegaran tersendiri bagi penikmatnya.

Rujak sendiri terbagi dengan beberapa jenis. Misalnya rujak buah yang terdiri dari aneka buah-buahan segar, kemudian dicocol dengan sambal gula merah. Bikin mata Anda jadi merem melek, apalagi disantap saat berkumpul dengan keluarga besar.

3. Asinan

Selain rujak asinan juga menjadi makanan favorit saat lebaran tiba. Rasanya tak kalah segar, cocok disantap usai makan makanan berlemak seperti rendang, opor dan hidangan lainnya.

Asinan sendiri terbagi menjadi dua, yaitu asinan buah dan asinan sayuran. Salah satu wilayah yang terkenal dengan asinannya adalah Bogor. Anda akan mendapati berbagai penjual asinan di Kota Hujan ini. 

Tak hanya di Bogor saja, Anda juga bisa membeli asinan di toko oleh-oleh yang menjual aneka makanan yang bisa dibawa sebagai buah tangan setelah pergi liburan.

 

4. Mi Ayam

Tidak kalah dengan bakso, mi ayam juga menjadi makanan yang paling banyak dicari saat perayaan lebaran. Menikmati hidangan satu ini akan jauh lebih terasa nikmat, ketika Anda sudah merdeka dari puasa Ramadhan.

Sama seperti bakso, Anda akan mudah menemukan penjual mi ayam. Bahkan ketika ada acara halal bi halal pun, biasanya abang penjaja mi ayam akan siap melayani pembelinya.

5. Liwetan

Nah yang terakhir ada liwetan, terdiri dari nasi liwet, ikan asin, ayam goreng, sambal, aneka lalapan dan pendamping lainnya juga paling banyak dicari. Terlebih masyarakat Sunda, tak pernah terlewat memasak nasi liwet dan nantinya akan disantap bersama keluarga.

Misalnya salah satu ibu rumah tangga asal Jawa Barat, Siti Sarah mengatakan, kalau dirinya selalu sedia ikan asin setelah lebaran. Menurutnya, liwetan menjadi salah satu kebiasaan di rumahnya khususnya setelah puasa selesai  "Daripada makan opor, lebih enak makan nasi liwet," katanya.

Editor : Hadits Abdillah