5 Makanan Ini Picu Maag dan Gerd, Nomor 4 Nikmatnya Paling Susah Dilupakan

Kiki Oktaliani
Selasa 20 September 2022 22:21 WIB
5 Makanan Ini Picu Maag dan Gerd, Nomor 4 Nikmatnya Paling Susah Dilupakan
Makanan picu maag dan gerd salah satunya adalah gorengan. (Foto: Freepik.com)

JAKARTA, celebrities.id - Bagi para penderita maag dan Gerd, penting untuk mengetahui beberapa makanan yang dapat memicu timbulnya nyeri pada lambung. 

Berikut ini adalah 5 makanan yang harus kamu ketahui supaya maag dan gerd-mu tak datang kembali, dikutip dari berbagai sumber, Selasa (20/9/2022).

1. Cokelat

Meskipun cokelat memiliki rasa manis yang disukai banyak orang, namun siapa sangka bahwa cokelat dapat memicu naiknya asam lambung. Dilansir dari Academy of Nutrition and Dietetics, cokelat memperlambat laju pengosongan perut yang menyebabkan LES menjadi rileks. LES merupakan otot berupa katup yang menjaga isi perut agar tidak mengalir mundur ke kerongkongan. 

Rileksnya otot ini yang memicu asam lambung bergerak naik kek kerongkongan yang kemudian mengiritasi jaringan sensitif pada kerongkongan. Cokelat juga mengandung zat methylxanthine, yang merangsang jantung dan melemaskan jaringan otot polos.

2. Buah sitrus

Meskipun rasanya segar, sitrus merupakan kelompok buah-buahan yang mengandung kadar asam tinggi. Buah-buahan seperti lemon, jeruk dan  jeruk nipis, hingga anggur dapat memicu Gerd semakin parah. Menurut dr. Adeline Intan Pratiwi Pasaribu, SpPD salah satu tanda khas dari Gerd adalah heart burn yang tentunya buah sitrus adalah jenis buah yang harus dihindari karena kadar asamnya yang tinggi, dan memicu perut untuk memproduksi asam lebih banyak. Hal ini menyebabkan perut terasa begah dan menyebabkan refluks.

3. Mint

Sama halnya dengan makanan pemicu gerd atau maag lainnya, mint juga memiliki mekanisme yang sama ketika dicerna dalam tubuh. Mint juga merilekskan otot di esofagus termasuk sfingter, sehingga asam serta sisa makanan mengalir kembali dan menyebabkan refluks yang lebih parah.

 

1
/
2