5 Makanan Khas Jakarta yang Wajib Dicoba saat HUT DKI, Ada yang Sudah Langka

Dzakwan Yusuf
Rabu 22 Juni 2022 14:06 WIB
5 Makanan Khas Jakarta yang Wajib Dicoba saat HUT DKI, Ada yang Sudah Langka
Gabus pucung, kuliner khas Betawi yang nyaris punah. (Foto:celebrities.id/Instagram @julieromzi)

JAKARTA, celebrities.id - Hari Ulang Tahun ke-495 DKI Jakarta jatuh pada hari ini, Rabu (22/6/2022). Banyak cara untuk merayakan HUT DKI Jakarta, salah satunya mencoba beberapa jajanan dan makanan khas DKI Jakarta. 

Untuk memeriahkan momen HUT DKI Jakarta, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengadakan beberapa acara dan fesvifal, di antaranya pesta rakyat, festival kebudayaan mulai dari seni hingga kuliner. 

Bicara kuliner, Betawi mempunyai makanan khas yang lezat. Nah, berikut ini lima makanan khas yang terbilang langka, tetapi di HUT DKI Jakarta.

Daftar Makanan Khas HUT DKI Jakarta yang Wajib Dicoba

Beberapa makanan di bawah ini adalah kumpulan dan rekomendasi mengenai makanan khas DKI Jakarta yang dapat menggugah selera makan dan dapat ditemukan di acara festival kebudayaan yang diselenggarakan oleh Pemprov DKI Jakarta saat HUT DKI Jakarta dan juga dapar ditemui di beberapa restoran makan khas Betawi/Jakarta. Yuk simak apa saja makanan khas DKI Jakarta yang wajib di coba.

1. Nasi Uduk Betawi

Nasi uduk Betawi merupakan makanan khas DKI Jakarta yang memiliki lauk yang cenderung variatif dadipada nasi uduk pada umumnya. Selain tempe orek, bihun, dan telur, nasi uduk Betawi memiliki beberapa jenis lauk tambahan lainnya seperti, berbagai macam semur, semur daging, semur ayam, semur jengkol, tempe dan tahu. 

Disajikan di piring dengan tambahan sambal merah dan sambal kacang yang merupakan salah satu ciri khas dari nasi uduk Betawi yang tidak dimiliki oleh nasi uduk lainnya.

2. Kerak Telor

Kerak telor merupakan kuliner suku Betawi yang menjadi ciri khas dari DKI Jakarta. Kerak telor merupakan kuliner yang unik dan ikonis, karena makanan ini dibuat hampir menyerupai telur dadar namun rasa yang ditawarkan sangat berbeda. 

Keunikannya dilihat dari bahan bahan dan cara pembuatannya yang berbeda, kerak telor dibuat dengan bahan-bahan ketan, ebi, kelapa parut sangrai, dan telur ayam atau telur bebek. Cara pembuatannya termasuk unik karena menggunakan tungku dan arang dengan wajan yang di balik untuk mendapatkan tingkat kematangan yang pas.

Sebelum disajikan dan di santap, kerak telor akan diberi taburan bumbu-bumbu yang terbuat dari campuran kelapa parut sangrai, cabai merah, kencur, merica, jahe, dan gula pasir.

3. Soto Betawi

Soto Betawi juga merupakan makanan khas DKI Jakarta yang lumayan populer karena rasanya yang enak dan lezat, makanan ini memiliki rasa yang gurih. Gurih dari soto Betawi berasal dari santan yang digunakan sebagai bahan utama untuk membuat soto Betawi.

Satu porsi makanan ini berisikan irisan sayur seperti daun bawang, tomat, dan terkadang penjual memberikan sayur tambahan seperti kol, tidak hanya sayur, soto Betawi juga berisikan irisan daging sapi atau daging kambing, potongan kentang dan emping. Campuran kuah dari soto Betawi ini berasal dari santan, susu, dan minyak samin, oleh karena itu kuah soto Betawi dapat menghasilkan rasa yang gurih dan lezat.

 

1
/
2