5 Makanan yang Lebih Baik dari Suplemen Kolagen, Ada Daging hingga Putih Telur

Wilda Fajriah
Sabtu 08 Januari 2022 10:09 WIB
5 Makanan yang Lebih Baik dari Suplemen Kolagen, Ada Daging hingga Putih Telur
Wajah berseri dengan bahan alami. (Foto: celebrities.id/iStock)

JAKARTA, celebrities.id - Kolagen adalah zat yang menyatukan tubuh. Protein struktural ini bertindak sebagai bahan penyusun tulang, gigi, otot, kulit, sendi, dan jaringan ikat Anda. Ini juga mendukung penampilan kulit yang halus dan awet muda.

Makanya, sebagian orang memilih untuk mengonsumsi suplemen kolagen untuk memiliki kulit yang mulus dan awet muda. Akan tetapi, suplemen berbahan kimia ini tentunya memiliki efek samping pada tubuh jika dikonsumsi dalam jangka panjang.

Alternatifnya, Anda masih bisa mendapatkan protein ini dari mengonsumsi makanan yang mengandung banyak kolagen. Melansir laman Eat This pada Sabtu (8/1/2022), berikut adalah lima jenis makanan yang bahkan dinilai lebih baik dari suplemen kolagen.

1. Daging

Karena kolagen adalah protein paling melimpah pada mamalia, tidak mengherankan jika kolagen ditemukan dalam berbagai jenis daging kaya protein, termasuk daging sapi dan ayam.ย 

Menurut sebuah penelitian dalam jurnal Clinical Interventions in Aging, leher ayam dan tulang rawan dapat digunakan untuk mengobati radang sendi dengan sukses karena kandungan kolagennya yang melimpah.

2. Ikan

Menurut sebuah penelitian di jurnal Food and Nutrition Sciences, kolagen ikan bahkan mungkin lebih disukai daripada kolagen yang ditemukan dalam daging yang mengandung protein seperti daging sapi atau babi.

Menurut penelitian, kolagen ikan diserap hingga 1,5 kali lebih efisien ke dalam tubuh jika dibandingkan dengan sumber kolagen sapi atau babi. ย Karena fakta bahwa kolagen ikan diserap lebih efisien (dan karena itu memasuki aliran darah pada tingkat yang lebih cepat), itu dianggap sebagai salah satu sumber kolagen terbaik.

ย 

1
/
2