5 Manfaat Buah Ciplukan, Banyak Dicari Penderita Autoimun hingga Jaga Kesehatan Tulang

Icon CameraKiki Oktaliani
Selasa 24 Januari 2023 22:36 WIB
5 Manfaat Buah Ciplukan, Banyak Dicari Penderita Autoimun hingga Jaga Kesehatan Tulang
Manfaat buah ciplukan salah satunya. (Foto: celebrities.id/Pixabay)

JAKARTA, celebrities.id - Buah ciplukan yang memiliki bentuk unik dan memiliki rasa masam. Tapi, siapa sangka jika buah ini memiliki segudang manfaat bagi tubuh lho.

Meski kini tidak lagi mudah menemukan tumbuhan itu secara liar, Anda bisa membeli buah ini di toko buah, tapi jangan kaget, jika buah ini dibandrol cukup tinggi.

Lantas, apa saja manfaat dari buah ciplukan, dilansir dari berbagai sumber, Selasa (24/1/2023), simak ulasanya berikut ini.

Manfaat Buah Ciplukan

1. Mengurangi Peradangan

Buah ciplukan merupakan bagian dari keluarga Solanaceae, sekelompok tanaman yang mengandung steroid alami yang disebut withanolides.  

Steroid ini dapat membantu meredakan peradangan pada artritis kronis, penyakit autoimun, dan beberapa penyakit neurodegeneratif.

2. Membantu Mengurangi Kadar Kolesterol Jahat

Buah ciplukan juga mengandung fitosterol, sejenis antioksidan yang dapat membantu menurunkan jumlah kolesterol dalam darah Anda, terutama yang disebut kolesterol jahat (LDL).  

Selain fitosterol, ciplukan juga mengandung asam lemak seperti asam linoleat dan asam oleat, yang dapat membantu Anda menurunkan kolesterol secara keseluruhan.

3. Mengontrol Diabetes

Golden berry atau berry emas sarat dengan senyawa yang memperlambat asupan gula sederhana dari karbohidrat.  

Senyawa tersebut mengatur dan menghindari lonjakan kadar gula darah. Hal tersebut merupakan kunci untuk menghindari hiperglikemia, kondisi kesehatan yang berpotensi berbahaya terkait dengan diabetes.

4. Baik untuk Kesehatan Tulang

Buah ciplukan tinggi vitamin K, vitamin yang larut dalam lemak yang baik untuk kesehatan dan kekuatan tulang.

Vitamin ini adalah komponen penting dari tulang dan tulang rawan untuk pertumbuhan tulang yang sehat, dan menutrisi kembali tulang yang rusak. 

Bukti terbaru menunjukkan bahwa vitamin K harus dikonsumsi bersamaan dengan vitamin D untuk mendapatkan kesehatan tulang yang optimal.

5. Mengandung Antioksidan

Karotenoid dalam buah ciplukan, tak sekedar sebagai pigmen yang mewarnai buah tersebut. Zat tersebut juga berfungsi sebagai antioksidan yang tinggi.

Antioksidan berfungsi untuk melindungi tubuh Anda dari radikal bebas yang merusak sel dan membuka pintu bagi penyakit.

Sebuah studi menemukan bahwa buah ciplukan dapat membantu memerangi pertumbuhan sel kanker paru-paru. Studi lain juga menyebutnya sebagai pembunuh potensial sel kanker mulut.

Editor : Imantoko Kurniadi

Follow Berita Celebrities di Google News