5 Manfaat Jus Mengkudu untuk Kesehatan, Mengandung Zat Antikanker hingga Menjaga Kesehatan Kulit

Hasyim Ashari
Senin 04 Juli 2022 22:51 WIB
5 Manfaat Jus Mengkudu untuk Kesehatan, Mengandung Zat Antikanker hingga Menjaga Kesehatan Kulit
Buah mengkudu dikenal sebagai buah memiliki manfaat kesehatan menakjubkan. (Foto: Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Buah mengkudu dikenal sebagai buah yang pahit. Oleh karena itu, buah ini jarang disukai orang. Namun siapa sangka jika buah mengkudu memiliki manfaat kesehatan yang menakjubkan? 

Ya, meskipun rasanya kurang enak di lidah, buah ini dipercaya dapat meredakan berbagai macam keluhan dan penyakit. Dalam buah mengkudu terkandung nutrisi yang menyehatkan sehingga sangat baik untuk dijadikan obat.

Lalu apa saja manfaat jus mengkudu lainnya? Dilansir dari Stylecraze, Senin (4/7/2022) simak ulasannya berikut ini:

1. Dapat mencegah kanker

Beberapa penelitian laboratorium telah menunjukkan bahwa jus mengkudu dapat memiliki efek antikanker dan bahkan membantu dalam kemoterapi. Zat tak dikenal dalam mengkudu yang tidak dipasteurisasi ditemukan memiliki sifat antikanker.

Mengkonsumsi 1 sampai 4 ons jus mengkudu juga dapat mengurangi risiko kanker pada perokok. Ini mencapai dengan memblokir DNA karsinogen dari genom (set lengkap gen dalam suatu organisme).

2. Dapat mengurangi inflamasi

Jus mengkudu yang difermentasi ternyata mengandung kuinon reduktase. Ini adalah enzim yang memiliki sifat anti-inflamasi yang hebat. Penelitian lain di Jerman menyatakan bahwa preparat mengkudu dapat meredakan peradangan dan bahkan mengurangi nyeri rematik

Buah mengkudu merupakan sumber dari beberapa molekul anti-inflamasi yang sangat penting yang dapat menghambat perkembangan penyakit inflamasi, termasuk penyakit radang usus.

3. Dapat meningkatkan kesehatan jantung

Jus mengkudu telah ditemukan untuk menurunkan kadar kolesterol. Perokok yang rutin mengonsumsi jus mengkudu melihat pengurangan substansial dalam kadar kolesterol mereka. 

Mengkudu selama ratusan tahun dipercaya untuk mengobati penyakit kardiovaskular, termasuk tekanan darah tinggi dan aterosklerosis

 

1
/
2