5 Manfaat Madu untuk Kecantikan, Penyembuh Kulit Alami dan Anti Penuaan

Wilda Fajriah
Senin 15 November 2021 13:00 WIB
5 Manfaat Madu untuk Kecantikan, Penyembuh Kulit Alami dan Anti Penuaan
Manfaat madu untuk kecantikan. (Foto: Freepik.com)

JAKARTA, celebrities.id - Berabad-abad sebelum kosmetik dan bahan kimia mengambil alih, orang Mesir menggunakan madu sebagai pelembab alami, orang China sibuk memulihkan kulit awet muda dengan giok roller, dan orang India meresepkan pengobatan rumahan untuk banyak penyakit kulit.

Ada banyak kegunaan madu untuk kecantikan dan kita semua melihat bagaimana madu menjadi bahan utama dalam banyak masker wajah, sampo, lip balm, lotion, dan banyak lagi.

Dalam hal memberikan manfaat kulit dan kecantikan yang tahan lama, madu secara harfiah adalah emas untuk kecantikan! Dari meredakan kulit kering, menyembuhkan jerawat, hingga mengobati luka bakar dan sebagai rendaman mandi santai di penghujung hari yang sibuk, madu memiliki banyak manfaat kecantikan.

Melansir laman Times of India pada Senin (15/11/2021), berikut adalah beberapa manfaat madu untuk kecantikan.

1. Penyembuh kulit alami dan anti penuaan

Madu memiliki sifat penyembuhan kulit alami, merupakan penguat kolagen yang hebat dan oleh karena itu, juga merupakan anti penuaan yang hebat.

Dalam bentuk alaminya, madu diproduksi oleh aktivitas enzim, materi tanaman, dan bakteri hidup yang bersatu untuk menciptakan bahan yang kuat dengan ratusan kegunaan praktis.

Madu mentah yang tidak dipasteurisasi membantu membersihkan jerawat, menyembuhkan bekas luka, meratakan warna kulit, mencerahkan kulit kusam, dan digunakan untuk mengobati kondisi kulit seperti eksim atau psoriasis.

2. Pelembab dan Exfoliator

Karena madu adalah humektan alami, madu menambah kelembapan secara alami dan merawat kulit kusam, serta memulihkan kilau alaminya. Ini juga memiliki sifat antiseptik, anti-bakteri dan anti-inflamasi alami.

Emolien bekerja pada semua jenis kulit. Ini dapat dicampur dengan oatmeal untuk memberi Anda kulit yang lembut, bergizi, bersih dan lembab, atau dapat digunakan sendiri.

Masker lemon dan madu dapat mencerahkan bintik-bintik gelap dan membantu pergantian sel, karena madu adalah agen anti-bakteri alami yang sangat baik.

Karena madu mentah mengkristal dari waktu ke waktu, butiran kecil bertindak sebagai exfoliant yang lembut. Selanjutnya, ia juga memiliki sifat mengencangkan, menghaluskan, mencerahkan, depigmentasi dan anti-penuaan, alasan itu telah digunakan sejak berabad-abad sebagai agen kecantikan.

Ini juga mengandung hidrogen peroksida yang membantu memudarkan bekas luka, dan kulit yang rusak akibat sinar matahari.

 

1
/
2