5 Minuman Sehat Ini Bisa Bantu Jaga Daya Tahan Tubuh, dari Jus Jeruk hingga Tomat

Novie Fauziah
Jumat 23 September 2022 16:49 WIB
5 Minuman Sehat Ini Bisa Bantu Jaga Daya Tahan Tubuh, dari Jus Jeruk hingga Tomat
Minuman yang bisa bantu jaga daya tahan tubuh. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrites.id - Cuaca yang mulai tidak menentu akan mengancam kesehatan dan daya tahan tubuh Anda. Oleh karena itu disarankan untuk mengonsumsi makanan dan minuman sehat, agar membantu melindungi imunitas dari serangan penyakit maupun virus. 

Ada beberapa jenis minuman yang sehat yang bisa Anda konsumsi, serta membuatnya sendiri. Bahan-bahannya pun mudah ditemukan, juga terjangkau. 

Dilansir dari berbagai sumber pada Jumat (23/9/2022),ini lima cara membuat minum sehat agar tubuh semakin kuat. 

Minuman Sehat 

1. Jus Jeruk 

Vitamin C memiliki sifat antioksidan yang melindungi sel-sel Anda dari zat-zat yang merusak tubuh. Banyak penelitian menunjukkan, bahwa vitamin C bisa jadi salah satu alternatif mencegah Covid-19. 

Nah Anda juga bisa mengonsumsi aneka buah-buahan yang memiliki kandungan vitamin C tinggi. Misalnya jeruk, dapat Anda buat menjadi jus yang segar. 

Cara membuatnya cukup mudah, yaitu Anda kupas jeruk segar, lalu buang bijinya. Kemudian peras sari-sarinya. Setelah itu Anda bisa langsung meminumnya, atau diberi sedikit gula dan air. 

2. Jahe Murni 

Jahe jadi minuman sehat dan alami untuk menjaga kekebalan tubuh. Selain rasanya hangat, jahe juga dikenal sebagai anti inflamasi. 

Anda bisa membuat dari jahe murni, tanpa gula sendiri. Dikutip dari channel YouTube Maria Juliana Gultom, ini dia bahan-bahannya. 

5 ruas jahe, 4 batang serai, 1.500 mili liter air. Caranya; didihkan air. Sambil menunggu kupas kulit jahe, kemudian cuci bersih dengan menggunakan air mengalir, sisihkan! 

Setelah itu, kupas bagian kering batang serai, lalu cuci bersih dengan air mengalir. Setelah itu potong bagian ujung batangnya, dan lipat-lipat. Begitu juga dengan jahe, geprek supaya sarinya gampang keluar. 

Ketika air mulai panas, masukan jahe dan serai. Aduk sebentar, tunggu sampai mendidih dan sari-sari jahe dan serai keluar. Kemudian matikan api, dan air jahe siap diminum. 

 

1
/
2