5 Mitos Menarik pada Perayaan Imlek, Ada Dewa Kompor Kembali ke Bumi

Icon CameraMNC Media
Rabu 25 Januari 2023 10:49 WIB
5 Mitos Menarik pada Perayaan Imlek, Ada Dewa Kompor Kembali ke Bumi
Mitos menarik pada perayaan Imlek. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id – Mitos menarik pada perayaan Imlek disebut memiliki cerita tersendri. Legenda mengisahkan tentang binatang buas Nian yang muncul di setiap akhir tahun, menyerang dan membunuh penduduk desa. 

Suara-suara keras dan cahaya terang digunakan guna menakut-nakuti binatang buas tersebut sehingga lahirlah perayaan Imlek.

Celeb Hitz pasti sudah tidak asing lagi dengan mitos, legenda, dan dongeng. Selalu menarik untuk melihat bagaimana mereka menjelaskan tradisi yang masih ada pada masyarakat modern saat ini hal-hal yang dianggap normal, tetapi sebenarnya cukup aneh jika dipikirkan.

Celebrities.id telah merangkum lima mitos menarik pada perayaan Imlek yang dilansir dari berbagai sumber, Rabu (25/1/2023).

Berikut deratan lima Mitos Menarik pada Perayaan Imlek

1. Dewa Kekayaan dan Kemakmuran 

Orang Tionghoa meyakini bahwa dewa-dewa kemakmuran turun dari langit, pada hari kelima perayaan Imlek. Para pengusaha biasanya akan berpartisipasi dalam menyalakan petasan karena mereka percaya bahwa hal ini akan membawa kemakmuran dan keberuntungan bagi usaha mereka.

2. Dewa Kompor dan Permen

Dewa Kompor bertanggung jawab atas makanan dan mata pencaharian manusia. Dia adalah salah satu dewa yang paling banyak berinteraksi dengan manusia.

Sebelum perayaan imlek dia kembali ke langit. Dewa Kompor melapor kepada Kaisar Giok. memberitahukan bagaimana keadaan setiap keluarga sepanjang tahun.

Dia kemudian kembali ke bumi untuk memberkati atau menghukum keluarga-keluarga yang melakukan kesalahan selama setahun, seperti yang diperintahkan oleh Kaisar Giok.

Inilah sebabnya mengapa para keluarga akan membuat labu permen malt dan meninggalkannya di malam hari.

 

Follow Berita Celebrities di Google News

1
/
2