5 Mobil Tertua di Dunia, Paling Lawas Dibuat pada 1769

Bertold Ananda
Sabtu 22 Januari 2022 13:24 WIB
5 Mobil Tertua di Dunia, Paling Lawas Dibuat pada 1769
Cugnot Fardier merupakan prototipe mobil penarik artileri pertama yang dibangun pada tahun 1769. (Foto: Dok_Istimewa)

JAKARTA, celebrities.id – Mobil-mobil tertua di dunia selalu menjadi incaran para kolektor. Meski sudah tak sekinclong mobil baru, namun faktanya mobil-mobil tersebut selalu laku.

Mungkin orang-orang saat ini tidak mengetahui bagaimana perkembangan kisah dan cerita mobil tertua di dunia. Pasalnya, banyak mobil tua yang pada akhirnya mengukir sejarah untuk memajukan pasar otomotif dunia.

Berbagai penemuan ditemukan dan dibuat oleh para ahli insinyur untuk menciptakan suatu kendaraan yang pada akhirnya tersimpan di museum dan dilestarikan hingga sekarang menjadi mobil tua. 

Lantas, apa saja deretan mobil tertua yang pernah dibuat didunia? Berikut rangkumannya sebagaimana dinukil dari berbagai sumber, Sabtu (22/1/2021).
 
1. Cugnot Fardier tahun 1769

Atas permintaan pejabat militer Prancis, penemu dan ahli benteng Prancis yaitu Nicholas Cugnot merancang dan membangun kereta self-propelled pertama. Ini merupakan sebuah prototipe pertama yang dibangun pada tahun 1769. 

Konsep mobil ini dirancang untuk menarik artileri ke medan perang yang kecepatannya ditetapkan pada tiga mil per jam sehingga tentara dapat mengimbanginya. Mobil itu disinyalir mampu menarik beban seberat lima ton dan bisa beroperasi selama satu jam lima belas menit sebelum berhenti. Satu-satunya contoh yang diketahui, digambarkan di atas, dipajang di Museum des Arts et Metiers di Paris, Prancis.
 
2. Hancock Omnibus

Sang penemu asal Inggris bernama Walter Hancock membuat mobil bernama  Hancock Omnibus pada 1832. 

Mobil mendapat prestasi  sebagai kendaraan bertenaga uap pertama yang sukses secara komersial di dunia. Unit Omnibus Hancock menjalankan rute penumpang yang sukses antara London dan Paddington.
 
3. La Marquise tahun 1884

Mobil tertua di dunia selanjutnya  yakni unit La Marquise. Mobil ini memiliki desain unik dan ikonik. Pertama kali unit itu dibangun pada 1884 oleh sang penemu De Dion-Bouton et Trepardoux untuk Count De Dion. 

 

1
/
2