5 Olahraga Presiden dari Masa ke Masa, Soekarno hingga Jokowi

Rifqi Herjoko
Senin 21 Juni 2021 17:35 WIB
Presiden Joko Widodo bermain futsal dengan wartawan (Foto: celebrities.id/Setkab.go.id)

JAKARTA, celebrities.id - Joko Widodo (Jokowi) resmi berusia 60 tahun pada hari ini, Senin (21/6/2021). Netizen pun ramai memberi ucapan selamat kepada orang nomor satu Indonesia saat ini. 

Selain itu, kolega serta para pejabat negara juga turut memanjatkan harapan dan doa di hari lahir sang presiden.

Di umurnya yang menginjak kepala 6, Presiden Jokowi masih terlihat sehat dan bugar. Hal ini tentu tidaklah mengejutkan. Sebab, di sela-sela kesibukan sebagai kepala negara, dia masih menyempatkan diri melakukan olahraga ditemani keluarga dan ajudannya. Kemunculannya saat bersepeda sering terlihat publik di Kebun Raya Bogor.

Berolahraga memiliki banyak manfaat penting untuk tubuh. Selain menyehatkan badan, olahraga rutin juga membantu untuk relaksasi pikiran. Apalagi, tugas negara yang begitu berat tentu dirasakan oleh sang presiden. Oleh sebab itu, olahraga menjadi pelarian yang fleksibel, mudah, dan menghasilkan banyak manfaat.

Ternyata, berolahraga tidak hanya dilakukan oleh Jokowi saja. Presiden Indonesia sebelumnya juga memiliki olahraga favorit. Penasaran olahraga apa saja yang digeluti oleh para Presiden RI? Berikut ulasannya.

1. Soekarno - Senam

Soekarno sejatinya tidak terlalu menggeluti olahraga. Namun, saat kecil Bung Karno sesekali bermain bola bersama teman-temannya. Sang Proklamator mengenang pengalaman ini yang dituangkan dalam otobiografinya.

Ketika menjadi Presiden RI, Bung Karno kerap melakukan senam di halaman kediamannya dengan panduan taruna dari Akademi Militer. Meskipun demikian, kegiatan tersebut hanya bertahan empat bulan. Pekerjaan yang semakin banyak membuat Soekarno jarang melakukan olahraga.

2. Soeharto - Golf

Presiden Soeharto pernah memperingati Hari Olahraga Nasional pada 9 September 1988 dengan bersepeda tandem bersama Ibu Tien. Rutenya cukup jauh, yakni dari kediamannya di Jalan Cendana menuju Gondangdia, Jalan Medan Merdeka Barat, hingga berakhir di Lapangan Monas.

Meskipun demikian, olahraga favoritnya adalah golf. Yang menarik adalah momen ketika Perdana Menteri Jepang, Zenko Suzuki, berkunjung ke Jakarta pada tahun 1981. Bersama Pak Harto, dia diajak untuk bermain golf terlebih dahulu sebelum memasuki agenda kenegaraan.

 

1
/
2