5 Pantangan Tahun Baru Imlek, Paling Terakhir Bikin Syok

Icon CameraAnnastasya Rizqa
Minggu 22 Januari 2023 12:52 WIB
 5 Pantangan Tahun Baru Imlek, Paling Terakhir Bikin Syok
Tradisi yang tak boleh dilakukan saat perayaan Imlek. (Foto: instagram @dudutsp)

JAKARTA, celebrities.id - Tahun Baru China atau Imlek jatuh pada Minggu (22/1/2023). Perayaan ini disambut penuh suka cita oleh masyarakat dan umat Tionghoa.

Bicara tentang Tahun Baru China, tentu ada banyak tradisi yang biasa dilakukan umat Tionghoa. Salah satunya ialah tidak melakukan pantangan saat perayaan Imlek.

Bukan tanpa alasan, mereka percaya menghindari pantangan tersebut bisa menghindari kesialan dalam hidup mereka, khususnya di tahun Kelinci Air ini.

Imlek. (Foto: Okezone)
Imlek. (Foto: Okezone)

Penasaran pantangan apa saja saat tahun baru Imlek? Berikut informasinya dilansir dari beragam sumber, Minggu (22/1/2023):

Pantangan Tahun Baru Imlek

1. Jangan Mengucapkan Kata-kata Negatif

Semua kata dengan konotasi negatif dilarang diucapkan saat perayaan Imlek. Kata-kata itu termasuk kematian, sakit, hantu, kemiskinan, dan banyak lagi.

Umat Tionghoa percaya pantangan mengucapkan kata-kata negatif itu bisa memengaruhi kehidupan mereka, dan tak ingin kesialan menimpa keluarga dan orang-orang tercintanya.

2. Jangan Merusak Keramik atau Kaca

Selanjutnya ialah tidak merusak keramik atau kaca saat perayaan Imlek. Melanggar hal-hal tersebut dipercaya akan membuat terhindari dari kemakmuran dan kekayaan. 

Jika piring atau mangkok terjatuh, segera bungkus dengan kertas merah sambil menggumamkan kata-kata mutiara. Beberapa orang akan mengatakan suì suì píng ān, yang berarti meminta perdamaian dan keamanan setiap tahun. Setelah perayaan tahun baru, buang pecahan yang terbungkus ke dalam danau atau sungai.

 

Follow Berita Celebrities di Google News

1
/
2