5 Penyebab Lampu Sein Tidak Mau Berkedip, Cek Kondisi Bohlam

Tangguh Yudha
Selasa 02 Agustus 2022 23:50 WIB
5 Penyebab Lampu Sein Tidak Mau Berkedip, Cek Kondisi Bohlam
5 Penyebab Lampu Sein Tidak Mau Berkedip, Cek Kondisi Bohlam. (Foto:celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Lampu sein memiliki peran yang sangat penting bagi kendaraan bermotor. Tugasnya memberikan sinyal bagi pengemudi lain jika seseorang hendak berbelok atau menepi.

Meski demikian, ada kalanya lampu sein tidak mau berkedip. Kondisi ini tentu sangat membahayakan dan berpotensi mengakibatkan kecelakaan.

Melansir blog Auto2000, Selasa (2/8/2022), berikut beberapa faktor yang menyebabkan lampu sein tidak mau berkedip. Yuk disimak!

1. Bohlam putus

Lampu sein yang tidak berkedip bisa diakibatkan karena bohlam putus. Ada dua alasan mengapa lampu bohlam dapat terputus yaitu penggunaannya tidak sesuai dan tegangan yang terlalu besar ataupun kecil. Lampu bohlam bisa rusak karena tidak mampu menahan arus listrik yang terlalu besar atau malah tegangannya terlalu kecil. Untuk itu pastikan menggunakan lampu bohlam berkualitas baik standar pabrikan.

2. Soket bermasalah

Soket sebagai tempat menaruh lampu juga dapat menjadi penyebab mengapa lampu sein tidak berkedip. Soket bisa saja kotor karena debu atau kotoran yang menempel di dalamnya. Jika tidak dibersihkan maka wajar saja lampu sein tidak berkedip. Selalu pastikan kondisi soket bersih dan perhatikan saat memasang soket, jangan longgarbatau tidak sesuai tempatnya.

3. Flasher tidak berfungsi

Flasher memiliki tugas untuk menyalurkan arus listrik ke lampu sein supaya dapat menyala dan berkedip. Setiap kali pengemudi menekan tuas sein maka sudah seharusnya lampu sein berkedip secara normal. Jika flasher rusak maka bisa dipastikan bahwa lampu sein juga tidak akan menyala. Pasalnya tidak ada arus listrik yang mencapai lampu sein. Kalau sudsh begini segera perbaiki atau ganti flasher dengan yang baru.

4. Sistem kelistrikan bermasalah

Penyebab selanjutnya ialah sistem kelistrikan yang bermasalah. Mengingat semua komponen mesin mobil mengandalkan komponen kelistrikan, maka perlu dicek kembali apakah semuanya tersambung dengan baik. Pasalnya satu rangkaian saja rusak akan membuat berbagai komponen lain tidak bekerja optimal. Periksa kembali sistem kelistrikan dan pastikan semua berjalan normal agar bagian-bagian lain tidak terdampak.

5. Aki sudah tekor

Seperti diketahui bersama, aki menjadi sumber utama bagi lampu sein dan beberapa komponen lain untuk dapat menyala serta berfungsi. Apabila aki sudah tekor, maka dapat dipastikan lampu sein tidak akan berkedip.

Editor : Leonardus Selwyn Kangsaputra