5 Penyebab Tubuh Mudah Memar, dari Gangguan Pendarahan hingga Kanker

Cesar Rivaldo
Kamis 21 Oktober 2021 20:21 WIB
5 Penyebab Tubuh Mudah Memar, dari Gangguan Pendarahan hingga Kanker
Penyebab tubuh mudah memar terjadi karena pembuluh darah kecil yang pecah dan darahnya terperangkap di bawah kulit. (Foto: Freepik.com)

JAKARTA, celebrities.id - Penyebab tubuh mudah memar terjadi karena pembuluh darah kecil yang pecah dan darahnya terperangkap di bawah kulit. Terjadinya memar di tubuh biasanya karena benturan keras atau terjatuh, yang mengakibatkan pendarahan dan memar.

Pendarahan dan memar membutuhkan waktu beberapa minggu untuk sembuh. Namun, memar kecil bisa sembuh dalam beberapa hari saja. 

Sementara, kebanyakan orang yang mudah memar tidak ingat penyebabnya. Mudah memar juga tidak selalu karena seseorang memiliki kondisi medis tertentu, akan tetapi jika perubahan jumlah yang banyak, harus pembicaran dengan dokter lebih lanjut.

Ada juga beberapa penyebab mudah memar yang umum terjadi sebagaimana dilansir dari India Times, Kamis (21/10/2021) berikut ulasannya.

1. Usia yang sudah menua

Bertambahnya usia akan memperlemah pembuluh darah kecil, dan menipiskan kulit.

2. Penyalahgunaan alkohol 

Penyalahgunaan Alkohol akan menyebabkan penyakit hati (Liver). Saat penyakit hati berkembang, hati berhenti memproduksi protein yang membantu pembekuan darah. Akibatnya, seseorang bisa mengalami mudah memar dan pendarahan yang berlebihan.

 

1
/
2